Toyota Indonesia Punya Banyak Model untuk Ikut Program LCEV Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota Indonesia Punya Banyak Model untuk Ikut Program LCEV

Adi Hidayat
pada 04 Juni 2017

JAKARTA – Program Low Carbon Emission Vehicle atau yang biasa dikenal LCEV telah menjadi perhatian khusus dari para APM (agen pemegang merek) di Indonesia.

Wajar, karena bila program tersebut benar dijalankan maka banyak APM akan diuntungkan karena potensi meningkatkan volume penjualan mobil di dalam negeri.

Dalam program tersebut bahwa pemerintah akan memberi insentif kepada APM yang memenuhi persyaratan. Program ini kabarnya berbeda dengan program Low Cost Green Car (LCGC) yang sebelumnya sudah berjalan karena kapasitas mesin tidak dibatasi Pemerintah. Namun, jumlah polusi udara yang dihasilkan serta efisiensi BBM menjadi acuan utama dari program ini.

Dengan adanya program ini, Pemerintah dapat memajukan sektor otomotif di Indonesia sekaligus mengurangi polusi udara. Masyarakat pun diharapkan bisa memiliki mobilitas yang lebih baik dibanding sebelumnya.

Toyota Astra Motor (TAM) pun siap menyambut program ini dengan tangan terbuka. Mereka menyatakan siap untuk ikut dalam program ini sama seperti ketika mereka ikut dalam program LCGC beberapa tahun lalu.

“Toyota sudah siap (untuk ikut dalam program). Untuk model tidak ada yang berubah. Ini hanya masalah bahan bakar saja. Kalau LCEV itu ada batasan (efisiensi bahan bakar). Sekitar 1: 20 hingga 1 : 27. Jadi kalau 1:20 akan mendapat insentif minimal sementara bila bisa mendapat 1:27 akan mendapat lebih besar lagi,” ungkap Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM di Jakarta.

Dengan aturan ini, maka hampir semua model Toyota sudah memenuhi aturan dalam program LCEV. Pasalnya Ia mengklaim, saat ini hanya beberapa kendaraan saja yang belum bisa mencapai efisiensi BBM 1:20.

“Hampir semua. Seperti Yaris, sekarang ini konsumsi BBM-nya hanya 1:20. Agya juga sama sudah 1:20. Jadi tidak masalah. Memang ada beberapa model yang konsumsi BBM-nya di bawah 1:20, tapi itu bisa kami kembangkan lagi,” tambahnya kemudian.

Meski sudah menyatakan kesiapannya, namun Ia menolak untuk menjawab secara terang-terangan model apa saja yang akan menjadi andalannya di program ini. Namun bila benar hampir semua model Toyota bisa masuk dalam program tersebut, maka Avanza pun bisa kembali menjadi unggulan untuk mengembangkan segmen ini.

“Semua produk bisa, termasuk Avanza. Intinya semua model (Toyota) bisa (ikut dalam program LCEV). Tapi semua masih menunggu regulasinya resmi dikeluarkan pemerintah,” tutup pria akrab disapa Soerjo. [Adi/Ikh]


Komentar