Toyota Indonesia Minta Jatah Kuota Supra untuk Tahun Depan Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota Indonesia Minta Jatah Kuota Supra untuk Tahun Depan

Insan Akbar
pada 04 November 2019

JAKARTA - Toyota Indonesia sudah bergerak meminta jatah Supra untuk 2020.

Sekadar mengingatkan, Toyota Supra meluncur di Tanah Air dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada akhir Juli di Serpong, Tangerang. Banderolnya mencapai 1,9 miliar on-the-road dengan kuota yang hanya 12 unit untuk tahun ini.

“Untuk tahun depan kami masih meminta (jatah kuota). Belum ada kepastian dapatnya berapa,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) di sela-sela acara Toyota Fun/Code 2019 pada Minggu (3/11/2019) di Ancol, Jakarta.

Adapun kuota untuk tahun ini sudah diborong semua. Sebagian telah didistribusikan kepada para pembelinya pada Oktober kemarin.

“Oktober kemarin, kalau enggak salah, sudah kami kirim empat,” pungkasnya.

Delapan unit sisanya dijadwalkan datang ke Indonesia dari pabrik perakitan di Austria pada Desember. Pengirimannya diusahakan pada bulan itu juga.

“Target kami Desember atau paling lambat Januari kami kirim ke konsumen,” jelas Anton.

Animo pasar otomotif nasional, menurut dia, lebih dari kuota yang diberikan oleh prinsipal. Toyota kini sedang menghubungi para konsumen yang mengaku tertarik tapi tidak kebagian jatah 12 unit untuk 2019.

“Kami sedang konfirmasi lagi. Sebagian mungkin tunggu, sebagian mungkin enggak. Saya lagi menunggu kepastiannya. Lagi dikonfirmasi oleh dealer. Pada dasarnya, konsumen, kan, belum memesan kalau kepastian unit belum ada. Kepastian baru 12 unit (tahun ini) dan karena itu Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) 12 unit juga. Animonya sih lebih dari itu,” paparnya.

Supra kini sudah memasuki generasi kelima. Pada generasi keempat, Supra sempat mati suri akibat keputusan Toyota memberhentikan produksinya pada 2002 silam.

Pabrikan otomotif terbesar sejagad itu lalu memutuskan untuk membuat generasi kelima melalui kerja sama pengembangan dengan BMW. Karena itulah, Supra berbagi komponen dengan BMW Z4.

Debut global Supra termutakhir sendiri berlangsung pada 2018. Mobil sport ikonik ini menyandang mesin 3.0-liter turbocharged enam silinder segaris yang disuplai BMW. Hanya ada satu pilihan transmisi yakni otomatis delapan percepatan. [Xan/Ari]


Komentar