Toyota Harumkan Namanya Sampai ke Maritim Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota Harumkan Namanya Sampai ke Maritim

Amos Arya
pada 24 April 2017

Foto: Pinisi Bagi Negeri PT Toyota-Astra Motor

MAKASSAR – PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan meresmikan program Pinisi Bagi Negeri.

Sebelum meresmikan program baru tersebut, TAM telah meresmikan program ‘Toyota Organic Village’ yang merupakan program pengembangan desa berbasis pertanian organik dan ramah lingkungan di Desa Mlaten, Demak, Jawa Tengah pada bulan lalu. Kali ini TAM menunjukkan kontribusinya terhadap perbaikan lingkungan terumbu karang di kawasan laut Makassar dan kegiatan edukasi budaya maritim dan konservasi lingkungan kepada generasi muda dan masyarakat sekitar.

“Jika di Demak kami melihat potensi di bidang pertanian organik, maka di Makassar kami menjalankan program kemaritiman yang diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kesadaran masyarakat akan pelestarian lingkungan, khususnya konservasi terumbu karang serta pendidikan kemaritiman dan kebudayaan,” tutur Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor.

Pinisi Bagi Negeri adalah program terpadu untuk melakukan pelestarian lingkungan dan pendidikan di bidang konservasi lingkungan dan kebudayaan maritim. Dalam program pelestarian lingkungan dilakukan penanaman terumbu karang di pulau sekitar Makassar, yaitu di sekitar Pulau Samalona yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan perairan melalui konservasi terumbu karang sebagai ekosistem utamanya.

Tak hanya itu saja, TAM juga akan mengembangkan kapal pinisi yang merupakan salah satu icon sejarah bagi masyarakat Bugis-Makassar dan daya tarik kota Makassar, dikembangkan program edukasi tentang budaya maritim dan konservasi lingkungan di atas kapal pinisi.

Kapal pinisi ini digunakan untuk berlayar ke sekitar Pulau Samalona untuk melakukan penanaman terumbu karang jenis Acropora dengan menggunakan media Spider Reef Structure dan digunakan sebagai media untuk melakukan program edukasi tentang kebudayaan maritim dan konservasi lingkungan kepada siswa sekolah dan masyarakat setiap hari.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat dapat memahami pentingnya menjaga nilai-nilai kebudayaan maritim serta pentingnya menjaga lingkungan laut dan memiliki perilaku yang ramah lingkungan.

“Bersama masyarakat dan Pemerintah Makassar serta dealer, kami telah merancang berbagai kegiatan dalam payung Pinisi Bagi Negeri untuk menggali potensi generasi muda dalam melakukan perbaikan lingkugan hidup di kawasan pantai Makassar dan dalam bidang kemaritiman. Sejalan dengan semangat Toyota let’s Go Beyond, program Pinisi Bagi Negeri ini diharapkan hasilnya akan sangat bermanfaat melebihi ekspektasi yang diinginkan masyarakat dan pihak terkait lainnya,” tambah Henry.

Program ini merupakan bentuk kerjasama TAM dengan Pemerintah Kota Makassar, Kalla Toyota sebagai founder dealer Toyota di Sulawesi Selatan dan Yayasan Makassar Skalia. [Amo/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Toyota Harumkan Namanya Sampai ke Maritim


Komentar