Toyota GR Yaris Berteknologi WRC Bisa Dipesan Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota GR Yaris Berteknologi WRC Bisa Dipesan

Denny Basudewa
pada 10 Januari 2020

Foto: Toyota GR Yaris RZ First Edition

CHIBA – Toyota Motor Corporation (TMC) membuka selubung Toyota GR Yaris di Tokyo Auto Salon 2020.

Toyota GR Yaris 2020 ini merupakan mobil yang telah mengusung homologasi FIA Worls Rally Championship (WRC). Model yang sejatinya sudah bisa dipesan ini akan mulai dipasarkan di Jepang dan ditawarkan dalam beberapa varian, dua di antaranya adalah edisi spesial RZ First Edition dan RZ High-performance First Edition.

Mobil ini dikembangkan bersama Tommi Makinen Racing. Bagipara  penggemar reli tentunya nama tersebut tidaklah asing karena merupakan salah satu legenda dari kejuaraan reli dunia.

GR Yaris sendiri menjadi salah satu senjata Toyota Gazoo Racing di ajang WRC. GR Yaris menggendong mesin 1.6-liter tiga-silinder direct-injection turbo charger dengan kode G16E-GTS.

Daya dari mesin kemudian disalurkan pada transmisi enam-percepatan manual iMT (Intelligent Manual Transmission). Teknologinya mampu memberikan akselerasi kendaraan lebih baik dan membuat karakter mesin lebih galak, selain bobotnya yang ringan.

Pengembangan baru yang dilakukan brand asal Jepang ini adalah GR Four yang merupakan sistem penggerak 4WD. Sistem ini membuat pengendalian kendaraan lebih menyenangkan di beberapa situasi jalan. Output dari GR Yaris sendiri disebutkan mencapai 268 hp dan torsi puncaknya mencapai 370 Nm.
Suspensi depan mobil ini mengandalkan MacPherson struts dan pada belakang berganti dari torsion beam menjadi double wishbone. Rodanya menggunakan BBS 18 inci yang dibalut ban Michelin Pilot Sport 4S.

Kendaraan jenis hatchback tiga-pintu ini mengandalkan komponen berbahan alumunium pada kap mesin, pintu samping, panel pintu dan bagasi. Sementara atapnya diperkuat oleh serat karbon yang dibentuk melalui proses compound moulding.

Toyota GR Yaris RZ First Edition dipasarkan dengan harga Rp 497 juta. Sementara GR Yaris RZ High-performance First Edition dibanderol Rp 573 juta. [Dew/Idr]


Komentar