Toyota GR Supra 2.0-L, Lebih Ringan dan Tetap Lincah Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota GR Supra 2.0-L, Lebih Ringan dan Tetap Lincah

Denny Basudewa
pada 18 Maret 2020

Foto: GR Supra 2.0

BRUSSELS – Toyota GR Supra 2.0-L memiliki bobot lebih ringan daripada versi bermesin 3.0-liter yang lebih dulu dipasarkan.

Mengawali 2020 Toyota Eropa menghadirkan pilihan baru untuk konsumen yang ingin meminang GR Supra. Setelah versi 3.0-L enam-silinder turbo, kini hadir versi lebih hematnya yakni 2.0-L empat-silinder turbo unit.

Meskipun mengusung mesin yang lebih kecil kapasitasnya, namun dikatakan handling sports car ini lebih dinamis. Jantung mekanis 2.0-L disebut-sebut memiliki bobot lebih ringan 100 kilogram daripada versi 3.0-L. Tidak hanya memberikan handling lebih sempurna, namun lebih seimbang dalam bermanuver karena letak mesin yang berada di tengah.
Mesin baru GR Supra ini berkapasitas 1.998 cc empat-silinder segaris DOHC 16-valve dan twinscroll turbocharger. Sumber daya ini dipercaya mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 254 dk pada 5.000 – 6.000 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 400 Nm pada 1.550 – 4.000 rpm.

Toyota GR Supra 2.0 dipercaya mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam pada 5.2 detik saja dengan bantuan launch control. Sedangkan untuk top speednya, mobil sport ini mampu dipacu hingga kecepatan 250 km/jam.

Teknologi buka-tutup katup pada mesin yang diatur secara elektronik, membuat proses pembakaran lebih baik. Mobil dapat menghasilkan tenaga besar dari putaran bawah hingga atas. Dengan adanya teknologi valve terkini, mampu meningkatkan efisiensi mesin.

Tenaga besar yang dihasilkan mesin kemudian disalurkan melalui transmisi otomatis delapan-percepatan buatan ZF. Dengan rasio pendek pada gigi bawah, menghasilkan akselerasi yang cepat dan lincah. Dukungan mode berkendara normal dan sport memberikan pilihan lain bagi pengendara selain mode Adaptive Variable Suspension (AVS).
Toyota GR Supra 2.0 ditawarkan dengan rumah roda 18-inci berbahan alloy sebagai standarnya dan polesan yang membuatnya mengilap. Lalu dibalut dengan ban Michelin Pilot Sport 255/40 ZR18 pada depan dan 275/40 ZR18 pada belakang.

Mobil sport satu ini dibekali sistem audio yang mumpuni dengan empat speaker 100 W. Kemudian dapat diatur melalui headunit 8.8 inci touchscreen. Sembari berkendara, pengemudi lebih nyaman dengan dukungan jok berbahan Alcantara.

Urusan keselamatan, GR Supra 2.0 dilengkapi dengan Pre-Crash Safety System with Braking Function, Pedestrian dan Cyclist detection with Braking Function, Lane Keep Assist with Active Steering, Road Sign Assist dan Intelligent Speed Assist. [Dew/Idr]

 


Komentar