Toyota Fortuner 2020 Makin Garang dan Bertabur Fitur Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota Fortuner 2020 Makin Garang dan Bertabur Fitur

Denny Basudewa
pada 04 Juni 2020

Foto: Toyota Fortuner 2020

BANGKOK – Toyota meluncurkan new Fortuner 2020 yang semakin berkarakter. Sebagai SUV, Fortuner hadir dengan pengembangan pada mesin, pengendaraan dan kemampuan untuk towing.

Thailand dipilih menjadi negara pertama yang memperkenalkan SUV tujuh-penumpang tersebut. Negeri Gajah Putih ini menjadi pasar terbesar Fortuner di seluruh dunia.

“Pada awal pengembangan proyek ini (Fortuner), kami melakukan survei lapangan yang luas untuk menciptakan kendaraan yang lebih dan belum pernah ada sebelumnya. Kami juga mempelajari perilaku pengguna mobil dari semua wilayah sehingga bisa menghadirkan yang lebih komprehensif,” tutur Jurachart Jongusuk, Regional Chief Engineer Toyota Daihatsu.

Fortuner 2020 kini ditawarkan dalam dua varian yang berbeda yakni standar dan Legender. Tipe yang terakhir disebut merupakan varian teratas dan ubahannya lebih banyak serta mewah. Legender terlihat beda dari versi standar karena telah menggunakan roda berukuran 20 inci.

Secara umum, Fortuner baru mengalami ubahan pada eksterior yang kini tampak lebih garang. Grille hadir dengan dimensi yang lebih besar, selain itu sudut-sudut bodi kini lebih tegas sehingga semakin menguatkan karakternya.

Pada varian standar, Fortuner menggendong mesin yang sama dengan sebelumnya yakni 2.4-L GD. Sementara untuk meningkatkan kenyamanan pada pengendalian, SUV ini disematkan Variable Flow Control (VFC) power steering.

Selain itu, Fortuner baru juga telah dibekali dengan cruise control sytem dan sensor di enam titik. Penambahan ini dikatakan untuk semakin memberikan peace of mind pada pengendara, serta pengendalian lebih halus.

Untuk varian Legender, mesinnya berkapasitas 2.8-L GD yang menawarkan tenaga 15 persen lebih besar. Pengendaranya juga bisa mengaktifkan mode berkendara sport guna mendapatkan performa yang lebih baik.

Fortuner Legender juga dijejali Balance Shaft yang berfungsi untuk meminimalisir noise dari mesin dan juga getarannya di dalam kabin. Lebih jauh keamanan berkendara juga disematkan kamera 360 derajat. Untuk memberikan kemudahan lain terdapat fitur wireless charger dan activated kick door with kick sensor.

Fortuner untuk pertama kalinya mengusung fitur Toyota Safety Sense yang menjamin keamanan kendaraan. Sementara T-Connect system memberikan akses kepada para pemilik guna mengetahui keberadaan kendaraan secara realtime. [Dew/Idr]


Komentar