Toyota dan WWF akan Ciptakan Lingkungan Bersih Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota dan WWF akan Ciptakan Lingkungan Bersih

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 21 Juli 2016

Foto: Kerjasama WWF dan Toyota ciptakan lingkungan lebih baik

TOKYO – Toyota dan WWF (World Wildlife Fund) menjalin kerjasama selama lima tahun dengan tujuan untuk mempercepat kondisi lingkungan lebih hijau.

Toyota merupakan perusahaan otomotif dan perusahaan Jepang pertama yang menandatangani Global Corportate Partnership dengan WWF. Toyota memberikan bantuan sebesar US$1 juta untuk Living Asian Forest Project pada tahun 2016 dan akan melanjutkan dukungan ini selama 5 tahun ke depan.

Living Asian Forest Project merupakan serangkaian kegiatan pelestarian lignkungan WWF. Kegiatan tersebut sedang berlangsung dan dalam perencanaan untuk mengkonservasi hutan tropis dan satwa liar di Asia Tenggara, termasuk di wilayah prioritas yaitu Kalimantan dan Sumatera. Untuk ke depannya, kegiatan ini juga akan meluas dan mencakup kawasan Greater Mekong.

Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan keberlanjutan sumber daya alam dan komoditas seperti kayu, kertas, pulp, sawit dan karet alam. Produksi dan penggunaan alam yang tidak berkelanjutan merupakan salah satu dari penyebab utama deforestasi serta meningkatnya kemungkinan spesies terancam punah.

Toyota dan WWF juga menyadari produksi dan pemanfaatan berkelanjutan dari karet alam sangat dibutuhkan dalam konservasi ekosistem hutan dan oleh karena itu secara khusus akan diadakan kegiatan untuk mempromosikan karet alam berkelanjutan. Sebagai bahan utama produksi ban mobil, permintaan akan karet alam diprediksi akan terus meningkat.

"Kami memiliki visi yang sama dengan WWF yaitu untuk mencapai masyarakat yang berkelanjutan dan meneruskan planet Bumi sebagai tenpat hidup bagi generasi yang akan datang. Ketika kami memulai upaya nyata untuk mencapai target kami dalam 2050 Environmental Challenges, kami memutuskan bahwa menyatukan kekuatan dengan organisasi non-pemerintah yang mumpuni dalam bidangnya adalah penting," tutur Didier Leroy, Executive Vice President Toyota.

"Kemitraan ini dan program seperti “Living Asian Forest Project” merupakan beberapa cara paling efektif bagi perusahaan seperti kami untuk memberikan dampak positif dan meningkatkan kesadartahuan tentang pentingnya pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan di antara karyawan, pemasok dan pelanggan."

Dukungan Toyota ke dalam program Living Asian Forest Project bertujuan juga untuk mencapai satu dari enam tantangan dalam Toyota Environmental Challenge 2050. Tantangan tersebut yaitu menciptakan masyarakat hidup dalam keseimbangan dengan alam di masa mendatang. [Amo/Ikh]


Komentar