Toyota dan Suzuki Setuju Jalin Kerjasama Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota dan Suzuki Setuju Jalin Kerjasama

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 06 Februari 2017

Foto: Toyota dan Suzuki Jalin Kerjasama

TOKYO - Toyota Motor dan Suzuki Motor Corp akhirnya menemui kata sepakat untuk beraliansi.

Mengutip Reuters, Senin (6/2/2017), mereka memberikan gambaran jika bekerjasama mengembangkan mobil ramah lingkungan, fokus pengembangan IT dan menciptakan teknologi keamanan serta saling melengkapi satu sama lain.

Sayangnya, baik Toyota dan Suzuki belum mengumumkan secara detail terkait kerjasama ini untuk ke depannya. Diberitakan sebelumnya bahwa wujud dari kerjasama ini diharapkan bisa menguntungkan satu sama lain.

Kerjasama ini sebenarnya sudah dibahas oleh kedua perusahaan sejak akhir tahun lalu. Saat itu mereka membahas untuk mendominasi penjualan mobil, terutama di pasar negara berkembang seperti India. Di India, Suzuki sendiri cukup sukses meski melalui saham mayoritas Maruti.

Dengan kerjasama ini, maka Toyota yang menggandeng Suzuki bisa mendongrak penjualan di sejumlah negara berkembang, sementara Suzuki sendiri bisa diuntungkan oleh nama besar Toyota.

Nantinya perusahaan aliansi Toyota-Suzuki mirip dengan Renault-Nissan, di mana saling menguntung dan keuntungan lain mampu memangkas biaya produksi. Dan kombinasi Toyota dan Suzuki akan menciptakan kekuatan yang besar untuk melawan Mitsubishi dan Renault-Nissan. [Ikh]


Komentar