Toyota Concept-i Ride Bantu Aktivitas Penyandang Disabilitas Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Toyota Concept-i Ride Bantu Aktivitas Penyandang Disabilitas

Adi Hidayat
pada 17 Oktober 2017

Foto: Toyota-Concept-i-Ride-1

TOKYO - Mobil bertenaga listrik sesuatu yang bukan tidak mungkin untuk mobilitas masyarakat dunia di masa depan.

Tren mobil ramah lingkungan itu sudah terlihat dengan kehadiran mobil-mobil listrik saat ini. Sayangnya, cukup banyak produsen mobil yang tidak memikirkan bagaimana aktivitas penyandang disabilitas bersama mobil listrik di masa depan.

Menanggapi kondisi itu, Toyota putar otak dan akan berencana menampilkan mobil listrik konsep di ajang Tokyo Motor Show 2017 yaitu Concept-i Ride. Konsep mobilnya menyediakan ruang untuk menempatkan kursi roda di bagian belakang. Ini salah satu Concept-i Series yang dijanjikan Toyota akan diluncurkan dalam beberapa tahun mendatang.

Concept-i Series pernah ditampilkan pada ajang SEMA awal tahun lalu, sementara untuk model terbaru yang didebut adalah Concept-i Ride. Toyota menyebut bahwa mobil tersebut memiliki dimensi yang berada di antara Smart ForTwo dan Renault Twizy.

Toyota Concept-i Ride di Tokyo Motor Show 2017 Toyota Concept-i Ride akan hadir di Tokyo Motor Show 2017

Tampilannya pun menarik karena memiliki konsep layaknya mobil masa depan di dalam di film Tron dan Robocop. Ground clearance pun dibuat rendah dan roda belakang tertutup dengan bodi sehingga membuatnya seajan hanya memiliki dua roda depan.

Concept-i Ride juga memiliki pintu yang dibuka ke atas. Jok mobil hadir dengan tampilan futuristic namun tetap sporty. Kursi belakang juga bisa mengangkut penumpang seperti mobil pada umumnya.

Concept-i Ride juga hadir dengan menggunakan artificial intelligence untuk memberikan pengalaman transportasi yang lebih menyenangkan dan tentunya lebih aman.

Sayangnya, Toyota belum menyampaikan mesin listrik yang akan disematkan pada mobil ini namun diperkirakan mobil tersebut mampu menempuh jarak sejauh 100 hingga 150 km satu kali pengisian daya. [Adi/Ikh]


Komentar