Toyota Camry 2017 Mulai Dijual, Varian Terendah Tambah Fitur Keselamatan Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota Camry 2017 Mulai Dijual, Varian Terendah Tambah Fitur Keselamatan

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 10 Oktober 2016

Foto: Toyota Camry 2017 Berlimpah Fitur Keselamatan

JAKARTA - Tanpa seremoni peluncuran, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mulai menjual new Toyota Camry di Indonesia. Sedan ini hadir dalam tiga pilihan yaitu 2.5-liter hybrid AT (transmisi otomatis) Rp 764,750 juta, 2.5-liter V AT dijual Rp 599,700 juta dan 2.5-liter G AT dibanderol Rp 571,900 juta, semua harga on-the-road Jabodetabek.

Model barunya membawa ubahan-ubahan pada eksterior dan interior guna lebih menggoda konsumen Toyota di Tanah Air.

Namun, fokus TAM adalah menawarkan fitur keselamatan terlengkap di kelasnya untuk mempertahankan sebagai sedan medium prestisius dan menghadirkan peace of mind bagi konsumen Toyota di Tanah Air.

Saat ini semua line-up Toyota Camry 2016 tersimpan fitur-fitur keselamatan baru berupa 5 airbag (Driver, Passenger, Driver Knee, Side Airbag, Curtain Airbag), Vehicle Stability Control (VSC), High Assist Control (HAC), dan Emergency Brake Signal yang sebelumnya hanya tersaji pada tipe V dan hybrid.

"Fokus improvement pada new Camry ini memang pada unsur keselamatan, karena Toyota sangat concern dengan keselamatan konsumen dan keluarganya, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang aman serta nyaman,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM dalam keterangan resmi, Senin (10/10/2016).

Menurut data Gaikindo, ada lima merek yang bersaing di segmen medium sedan pada Januari-Agustus 2016 dengan total sebesar 1.341 unit, sementara Toyota Camry berhasil mendominasi pasar dengan angka penjualan 956 unit atau menguasai 71 persen pangsa pasar di segmennya.

Toyota Camry pertama kali masuk Indonesia pada 1998. Sedan ini terus sukses hingga di puncaknya sebagai tunggangan menteri. Pamornya sebagai sedan medium berkualitas kian kuat sampai akhirnya dilirik perusahaan armada taksi nasional.

Di samping itu, ada cerita menarik beberapa tahun silam, bahwa pemerintah Indonesia sempat membuka pintu untuk TAM jika ingin merakit Camry hybrid di Indonesia, namun rencana itu tidak menemui titik terang hingga kini TAM cuma mendatangkan Camry hybrid ke Indonesia dari Thailand.

Toyota Camry hybrid hadir pertama kali di pasar otomotif nasional pada 2012. Sedan ini juga menjadi satu-satunya sedan hybrid terlaris di Indonesia dalam 2 tahun dengan penjualan mencapai 1.000 unit. Sementara di dunia, angka penjualan Toyota hybrid sudah mencapai 9 juta unit. [Ikh]


Komentar