Toyota Calya akan Menggoda di GIIAS 2016 Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota Calya akan Menggoda di GIIAS 2016

Indra Prabowo
pada 05 Agustus 2016

JAKARTA – Jika Anda ingin berkunjung ke Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, jangan lupa memasukkan Toyota sebagai salah satu tujuan Anda.

Di pameran yang akan berlangsung dari 11-21 Agustus 2016 dan di ICE (Indonesia Convention Exhibition) Tangerang tersebut Toyota akan memamerkan 3 mobil ramah lingkungan yang tidak dijual di Indonesia saat ini.

Mobil pertama adalah Toyota Mirai. Inilah mobil hidrogen pertama yang dijual secara massal di dunia. Sejak tahun 2015 Mirai dipasarkan di Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang. Berdasarkan informasi, Mirai sanggup menjelajah 500 kilometer hanya dengan 1 tangki hidrogen sebelum diisi ulang.

Mobil kedua, Toyota FCV Plus concept. Konsep ini dipamerkan pertama kali di Tokyo Motor Show 2015. Toyota FCV Plus mengandalkan hidrogen seperti Mirai. Dia bisa memanfaatkan hidrogennya untuk menyuplai listrik perumahan.

GIIAS 2016 akan menjadi pameran kesekian bagi konsep Toyota C-HR. Mobil yang tidak lama lagi akan masuk jalur produksi ini dibuka selubungnya pertama kali di Paris Motor Show 2014. C-HR merupakan singkatan dari Coupé High-Rider, dan kendaraan hybrid.

“Mobil-mobil yang dijual saat ini akan dipamerkan di GIIAS 2016 seperti Toyota Avanza, Toyota Innova, Toyota Fortuner, Toyota Alphard Hybrid, Toyota Calya” ujar Henry Tanoto, vice president PT Toyota-Astra Motor.

Toyota Calya merupakan salah satu mobil yang paling ditunggu kedatangannya di Indonesia. Calya menjadi mobil kedua dalam proyek LCGC Daihatsu-Toyota.

Toyota Calya menggunakan mesin 1.200cc Dual VVT-i yang dijamin irit BBM (bahan bakar minyak). Harga Toyota Calya dari 129,65 juta hingga Rp 150 juta.

Dari sisi Daihatsu adalah Sigra, bermesin 1.0-liter VVT-i atau 1.2-liter Dual VVT-i. Harga Diahatsu Sigra dari 106 juta hingga 149 juta rupiah.

Sigra dan Calya diproduksi di pabrik Daihatsu Karawang. Keduanya memiliki kandungan komponen lokal hingga 94%. Untuk mengembangkan dan memproduksi Calya dan Sigra, Daihatsu harus menggelontorkan investasi sekitar Rp 1,1 triliun.

Kolaborasi Toyota  dan Daihatsu di Indonesia sejak tahun 2003 telah melahirkan Avanza dan Xenia, Rush dan Terios, Agya dan Ayla, serta Calya dan Sigra. [Idr]


Komentar