Toyota C-HR 1.2L Dipikirkan Masuk Indonesia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota C-HR 1.2L Dipikirkan Masuk Indonesia

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 16 Agustus 2016

Foto: Toyota C-HR concept ada di GIIAS 2016

TANGERANG - Toyota-Astra Motor (TAM) menampilkan C-HR concept di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Versi produksi Toyota C-HR sebenarnya sudah meluncur dengan desain unik.

Rouli Sijabat, Manajer PR PT TAM menjelaskan small SUV ini sebagai special exhibit car pada penyelenggaraan GIIAS 2016 bersama Toyota Mirai dan FCV Plus concept. Ketiga mobil ini sebagai gambaran bahwa Toyota memiliki mobil-mobil berkualitas dan akan masuk Indonesia dalam waktu dekat atau di masa yang akan mendatang.

Kami pun menyimpulkan di antara ketiga mobil ini, besar kemungkinan yang masuk Indonesia dalam waktu dekat adalah Toyota C-HR. Pesaing Honda HR-V ini sudah diperlihatkan versi produksinya pada Februari 2016.

Menarik untuk dibahas karena Toyota C-HR menyuguhkan pilihan mesin 1.2-liter turbo, 1.8-liter dengan motor listrik (hybrid) dan 2.0-liter. Konsumen tinggal memilih satu di antara varian mesin sesuai kebutuhan dan karakter berkendara masing-masing.

Dari pilihan mesin ini, kehadiran mesin 1.2-liter turbo cukup menggelitik. Product Knowledge Head PT TAM Ghandi Ahimsaputra menjelaskan 1.2-liter turbo cukup menarik untuk dibahas karena sebagai solusi untuk menghasilkan tenaga pada mesin kapasitas kecil.

Mesin ini menawarkan efisiensi cukup tinggi dan duduk di atas platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Tentunya cocok untuk konsumen Toyota di Tanah Air.

"Mesin ini kapasitasnya kecil tapi bertenaga karena dapat sokongan turbo," kata Ghandi.

Ia menjelaskan mesin ini juga digunakan Toyota Auris di Eropa, namun ketika disematkan pada Toyota C-HR telah mengalami beberapa ubahan komponen guna menyesuaikan karakter C-HR.

Di Eropa Toyota C-HR diharapkan sudah bisa didistribusikan ke dealer pada akhir tahun ini, sampai awal tahun depan. Posisinya berada di antara harga Toyota Auris dan RAV4.

Henry Tanoto, Vice President PT TAM belum bisa memprediksi kapan akan masuk Indonesia meski sudah tersedia setir kanan. Ia juga menegaskan tengah mempertimbangkan Toyota C-HR 1.2-liter turbo masuk ke Indonesia. Sebab mobil ini sejalan dengan visi Toyota yaitu menghadirkan mobil ramah lingkungan yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. [Ikh]


Komentar