Toyota Butuh 370 Kg Pelat untuk Buat 1 Unit Innova Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota Butuh 370 Kg Pelat untuk Buat 1 Unit Innova

Adi Hidayat
pada 19 Oktober 2017

Foto: Kijang-Innova

KARAWANG – Berapa banyak pelat yang dibutuhkan untuk membuat satu unit Toyota Innova?

Jawabannya adalah dibutuhkan pelat baja seberat 370 kg. Jika ditambah mesin, transmisi, jok, kaca, lingkar roda, ban dan lain-lain maka total bobot satu Innova sekitar 1.640 kg.

Hal ini disampaikan oleh Bachtiar W, General Manager PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di sela-sela kunjungan blogger ke TMMIN Plant 1 Karawang.

“Untuk membuat satu unit mobil Innova, dibutuhkan sekitar 370 kg lempengan baja. Lempengan tersebut kemudian dicetak kemudian disatukan pada proses selanjutnya yaitu welding (pengelasan),” ungkap Bachtiar, General Manager PT TMMIN.

Dalam proses pengelasan tersebut, sedikitnya ada 3.400 titik yang harus dikerjakan. Jumlah tersebut cukup untuk menyatukan sekitar 440 part yang dibutuhkan untuk membuat satu unit Innova. Menariknya, selain menggunakan tenaga manusia, proses ini juga menggunakan mesin robot.

“Robot yang digunakan untuk welding di plant 1 26 robot. Pengelasan dengan menggunakan robot dikhususkan untuk pengelasan dengan tingkat presisi tinggi sehingga lebih efektif untuk menggunakan robot,” tambah Bachtiar.

Toyota Innova juga membutuhkan 13 liter cat per unitnya. Jumlah tersebut terdiri dari anti karat sebanyak 8,5 liter, cat primer 1 liter, cat top coat 2 liter dan cat clear 1,5 liter. Cat-cat tersebut diklaim adalah cat ramah lingkungan sehingga diharapkan kelestarian lingkungan tetap terjaga.Dalam proses painting ada 24 robot yang terlibat. Khusus untuk TMMIN Plant 1 Karawang, ada sembilan warna yang bisa digunakan.

Tak hanya itu, untuk membuat satu unit mobil utuh, sedikitnya ada 2.500 part yang harus dipasang, termasuk 1.400 baut. Guna menjaga kualitas, Toyota juga melakukan pengecekan akhir sebelum akhirnya mobil boleh keluar dari pabrik.

Sedikitnya ada 3.900 titik pengecekan yang harus dilakukan untuk setiap mobil yang diproduksi untuk menjaga standarisasi Innova tetap sama. [Adi/Ikh]


Komentar