Toyota Belum Niat Bikin Tandingan Ertiga Diesel Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota Belum Niat Bikin Tandingan Ertiga Diesel

Denny Basudewa
pada 21 Desember 2016

Foto: Small MPV Mitsubishi siap bersaing dengan Toyota Avanza

JAKARTA - Suzuki Ertiga mesin diesel akan meluncur di Indonesia mulai tahun depan. Mobil keluarga ini tentu akan menambah warna pasar otomotif segmen low MPV dalam negeri.

Bagaimana Toyota Indonesia menanggapi masuknya Ertiga diesel ke tanah Air. Apakah ada rencana menyediakan Avanza yang disokong mesin diesel sekelas untuk menghentikan laju pesaingnya?

"Sampai dengan saat ini kita belum ada perencanaan ke arah situ. Marketnya kami harus pelajari dulu secara hati-hati," kata Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor di Jakarta.

Henry menegaskan, pihaknya belum sama sekali mengadakan studi soal Avanza diesel. Namun jika pasar meminta kendaraan tersebut, bukan tidak mungkin TAM mempertimbangkan sekali lagi keberadaan Avanza diesel.

"Sebelum kami luncurkan produk baru itu kan banyak yang harus dipelajari, tapi kalau mememungkinkan pasti kami pikirkan dengan serius ke arah situ. Tapi dari studi kami hingga saat ini, masih belum ke arah situ (Avanza diesel)," tegas pria berkacamata itu.

Selama bertahun-tahun, MPV diesel Toyota dipasarkan di Indonesia adalah Kijang dan dilanjutkan Toyota Innova. Jika Avanza tersedia mesin diesel, maka menjadi MPV Toyota ketiga menyodorkan diesel.

Beredar rumor bahwa Toyota akan menguji coba Avanza diesel di India, setelah sukses di sana baru mobil dipasarkan di Indonesia. Hal tersebut melihat langkah Ertiga diesel yang menuai kesuksesan di sana.

Namun ketika dikonfirmasi kabar itu, pihak Toyota Indonesia belum berani menjawabnya. [Dew/Ikh]


Komentar