Toyota Alphard dan Vellfire Facelift Lebih Safety Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota Alphard dan Vellfire Facelift Lebih Safety

Denny Basudewa
pada 28 Desember 2017

Foto: Toyota Alphard Facelift

TOYOTA CITY – Toyota mengenalkan Alphard dan Vellfire facelift yang dilengkapi perangkat keselamatan mutakhir.

MPV mewah dari Toyota ini mendapat beberapa sentuhan yang membuatnya tampak lebih segar. Terlebih dengan ditambahkannya fitur Toyota Safety Sense (TSS) generasi kedua, mobil idola para artis Ibu kota tersebut semakin membuat nyaman konsumen.

Dengan judul facelift, jika dilihat dari eksterior, Toyota Alphard dan Vellfire generasi terbaru memang tidak mengalami perubahan signifikan. Beberapa sentuhan seperti garis lampu utama, lekuk bumper dan grille, hanya membuatnya tampak lebih sedap dipandang.

Namun yang menarik justru dari fitur-fitur canggih yang diusungnya. Pengembangan TSS generasi kedua kini dapat dinikmati pada semua tipe Alphard maupun Vellfire. Adapun fiturnya meliputi Pre-Crash Safety, dengan fungsi mendeteksi pengguna sepeda yang melintas ataupun bermanuver di depan kendaraan pada siang hari khususnya.

Fitur di atas juga dapat mendeteksi pejalan kaki atau pedestrian pada kondisi malam hari. Fitur tersebut dapat dipadukan dengan Lane Tracing Assist (LTA) untuk menjaga kendaraan tetap pada jalurnya, terutama saat radar cruise control diaktifkan.

Alphard dan Vellfire Toyota Vellfire facelift

Hebatnya lagi fitur tersebut dapat melakukan intervensi terhadap alat kemudi, sehingga kendaraan tetap berada di jalur semestinya. Radar pada cruise control sendiri dapat diaktifkan dalam kecepatan mobil yang tidak terbatas, fitur tersebut dapat menambah atau mengurangi kecepatan kendaraan, sesuai dengan kebutuhan.

Fitur pencahayaan pada kendaraan dapat beradaptasi sehingga tidak menyilaukan pengemudi dari arah berlawanan. Sistem ini dinamakan Adaptive high beam system.

Road Sign Assist (RSA) berfungsi untuk membaca rambu-rambu yang tertera sepanjang jalan. Hal ini diyakini menambah tingkat keamanan berkendara kepada konsumen setianya. Tidak lupa adalah fitur Blind Spot Monitor (BSM) yang berfungsi untuk meningkatkan kewaspadaan pengendara.

Di balik bonnet, terdapat mesin 3.5-liter V6 dengan kode (2GR-FKS), dikombinasikan sistem transmisi Direct Shift-8AT yang diklaim lebih bertenaga dan efisien dalam hal penggunaan bahan bakar.

Toyota Alphard dan Vellfire generasi terbaru ini baru akan dipasarkan secara resmi di Jepang pada 8 Januari 2018. [Dew/Ari]


Komentar