Toyota 86 Terkena Virus Balap 24 Jam Nurburgring Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota 86 Terkena Virus Balap 24 Jam Nurburgring

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 07 Juli 2016

Foto: New Toyota 86 Terinspirasi Balap 24 Jam Nurburgring.

TOYOTA CITY - Toyota Motor Corporation akan meluncurkan new Toyota 86 di Jepang pada 1 Agustus 2016. Fokus utama dari new Toyota 86 ada pada karakteristik mengemudi yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi para pecinta mobil sport entry-level.

Toyota 86 atau Scion FR-S belum pernah mengalami pengubahan signifikan sejak awal diluncurkan pada 2012, artinya juga terjadi pada kembarannya yaitu Subaru BRZ.

Guna menghasilkan mobil sport sesuai permintaan konsumen, Toyota mengaplikasikan beberapa komponen terinspirasi dari sejumlah kompetisi balap yang pernah diikuti oleh Toyota 86, salah satunya 24 Hours of Nurbugring.

Chief Engineer Toyota, Tetsuya Tada yang terlibat dalam pengembangan Toyota 86 mengatakan, "Kami mengubah banyak komponen sebagai hasil dari umpan balik kami terhadap partisipasi Toyota 86 dalam balap 24 Hours of Nurbugring dan kami telah berulang kali menguji mobil di jalan dan memproduksinya di setiap bagian."

"New Toyota 86 telah melalui tahap penyempurnaan, mulai roda kemudi, daya cekram, akselerasi dan setiap pembalap akan mampu mengenali evolusinya," ucap Tada.

Pada eksteriornya mengejar kata aerodinamis. Wajar Toyota menyematkan bumper baru, rear spoiler (untuk tipe GT Limited). Bumper depan tersimpan sirip dan seperti melindungi lampu kabut. Boleh diakui ubahan pada bumper depan cukup signifikan. Model barunya didesain lebih rendah dan terbuka lebih luas dibandingkan dengan model dijual saat ini.

Di samping itu new Toyota 86 telah tersedia Bi-Beam LED headlamp, sementara lampu kabut LED hanya tersaji di tipe GT Limited dan GT. Selain tipe terendah, Toyota menyajikan roda aluminium 17". Desain roda dibuat ramping dan tampak gesit. Untuk menopang gerak new Toyota 86, Toyota terpaksa meningkatkan kemampuan suspensi.

Lampu belakang memadukan LED dan posisinya horizontal. Toyota seperti ingin menciptakan kesan sporty dan dinamis pada new 86.

Interiornya saat ini lebih menawarkan rasa nyaman. Model barunya mengandalkan setir berdiameter 362mm, dan merupakan lingkar kemudi terkecil yang pernah dibuat oleh Toyota. Panel instrumen dan layar informasi dilengkapi 4.2" TFT multi-information display (tipe GT Limited dan GT). Dengan ubahan-ubahan ini, new Toyota 86 diklaim mampu terjual sebanyak 500 unit per bulan di Jepang.

Toyota masih mempercayai mesin FA-20 1.998 cc menyemburkan tenaga maksimal 207 ps pada 7.000 rpm dan torsi 212 Nm pada 6.400-6.800 rpm untuk transmisi manual 6-speed, dan mesin FA-20 1.998 cc bersanding denggan transmisi 6 Super ECT sanggup melontarkan tenaga 200 ps pada 7.000 rpm dan torsi puncak 205 Nm pada 6.400-6.600 rpm. Di Jepang akan tersedia tipe G, GT dan GT Limited. [Ikh/Idr]

Lebih lanjut di Otospirit
Toyota 86 Terkena Virus Balap 24 Jam Nurburgring


Komentar