Toyota 86 Jadi Beringas Pakai Mesin Nissan GT-R Share this
Modifikasi
Mode baca

Toyota 86 Jadi Beringas Pakai Mesin Nissan GT-R

Denny Basudewa
pada 02 September 2016

Foto: Toyota 86 bertenaga 1000 hp

BRISBANE – Toyota 86 yang dirombak mesinnya oleh StreetFX Motorsport berhasil memuntahkan tenaga maksimal sebesar 1.000 hp.

Sports car asal Jepang ini sejatinya memiliki tenaga maksimal 205 hp dengan torsi maksimum sebesar 211 nm. Sebuah rumah modifikasi asal Brisbane, Australia berhasil meningkatkan tenaga mobil tersebut hingga 1.000 hp. Wow!

Hal ini tentunya dengan menggusur mesin boxer 2.0-liter bawaan pabrik. StreetFX Motorsport menjejalkan jantung penggerak Nissan GT-R berkapasitas 3.8-liter V6. Sejatinya jantung pacu Nissan GT-R bawaan pabrik hanya bertenaga 565 hp. Kurang puas akan peningkatan tersebut, StreeFX mengobrak-abrik jeroan mesin. Walhasil sejumlah perangkat buatan HKS disematkan untuk menaikkan performanya.

Di tangan mereka, kapasitas mesin naik menjadi 4.1-liter setelah memakai HKS Stroker dan GT1000 HKS Symmetrical Turbine kit. Sesungguhnya, butuh upaya keras bagi StreetFX untuk menjejalkan mesin ukuran besar ke dalam kap Toyota 86. Salah satunya dengan memodifikasi cover mesin.

Perbedaan cover mesin ini cukup besar karena memangkas bagian tersebut hingga 150 mm. Tantangan selanjutnya adalah mencocokkan girboks. Untuk perangkat satu ini, produk Albins Gear memainkan peranannya.

Guna mengatur putaran mesin, mereka memilih seperangkat Motec dan air-powered paddle shifter kit. Dengan ini, pengendara akan semakin mantap setiap melakukan perpindahan gigi. Mobil tersebut kini hanya membutuhkan kopling saat start, mundur dan berhenti saja.

Usai mesin bersanding sempurna dengan body mobil, proses selanjutnya adalah mempercantik tampilan eksterior. Body kit Rocket Bunny dipilih untuk mengubah rupa dari Toyota 86. Selesai dengan urusan pengelasan body, mobil berkelir putih tersebut kian gahar dengan penambahan decal layaknya sebuah mobil balap sungguhan.

Sementara bagian kaki-kaki semakin kokoh berkat penggunaan lingkar roda merek Concave concept CCO3 diameter 18”. Roda tersebut dibungkus Hankook Z221 295/35/18 semi slick R compound.

Mobil berperforma tentunya membutuhkan paket pengereman nan mumpuni. Untuk mendukung hal tersebut, mereka menyematkan produk-produk AP Racing, Cusco, MCA dan RacerX.

Mobil ini semakin unik karena meskipun dilengkapi berbagai sistem audio mewah, Toyota 86 garapan StreetFX Motorsport ini tidak pakai AC. Peranti pengatur suhu tersebut terpaksa absen karena bagian dry pump yang dipangkas, sehingga tidak menyediakan tempat lagi untuk altenator.

Melengkapi kesan sporty pada kendaraan, perpaduan jok Bride dan seat belt Sparco 5 titik tertanam dalam kabin. Sejumlah panel indikator dari JPM senantiasa membantu pengendara dalam memantau kinerja mesin. [Dew/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Toyota 86 Jadi Beringas Pakai Mesin Nissan GT-R


Komentar