TomTom dan Denso Goda Produsen Mobil Otonom Share this

TomTom dan Denso Goda Produsen Mobil Otonom

Ary Dwinoviansyah
pada 08 Januari 2019

LAS VEGAS - TomTom dan Denso bakal menyajikan sistem navigasi mumpuni sebagai pendukung kendaraan-kendaraan otonom.

Tak hanya produsen mobil, pihak pendukungnya pun turut berlomba menyediakan perangkat guna memaksimalkan kinerja mobil otonom di masa depan. Salah satu langkahnya diperlihatkan TomTom dan Denso. Kerjasama tersebut dirasa tepat, mengingat keduanya punya kekuatan masing-masing di bidangnya.

TomTom dikenal sebagai brand yang andal dalam hal pemetaan. Sementara Denso merupakan penyedia sensor data serta teknologi ADAS (advanced driver assistance systems). Klaimnya, sistem navigasi hasil kolaborasinya ini punya keunggulan data akurat dan nyata.

Dengan begitu, pemilik mobil otonom dapat menemukan lokasi juga persepsi sebuah lokasi sekaligus merencanakan perjalanan menuju titik tertentu. Apalagi, tangkapan objek dari sensor maupun kamera dari Denso disajikan oleh tampilan beresolusi tinggi Autostream a la TomTom. Produk ini pun bakal dipamerkan pertama kalinya di arena CES 2019, Las Vegas, Amerika Serikat.

"Denso adalah pemimpin lama dalam teknologi ADAS di industri otomotif. Kami bangga dapat bekerja dengan mereka untuk melayani pelanggan di Jepang dan global mereka. Kolaborasi ini membuktikan nilai dari TomTom HD Map dan TomTom AutoStream sebagai komponen penting untuk kendaraan otonom," kata Harold Goddijn, CEO TomTom.

Penawaran tersebut diberikan demi target mereka menjadi pelengkap sistem otonom level 2 peruntukkan jalan raya dan kota-kota besar. Keduanya tentu akan terus mengembangkan produk tersebut agar diaplikasi sebagai OEM. Ditambah lagi TomTom dan Denso juga punya tim pengembang bersama di Jepang.

"Kami meninjau berbagai platform pemetaan digital dan menetapkan bahwa Peta TomTom HD dan TomTom AutoStream mencerminkan visi kami untuk membawa perubahan di jalan. Tercatat melalui sensor kami terhadap semua kendaraan secepat mungkin melalui Pembaruan Peta HD. TomTom juga andil dalam komitmen kami menyediakan pengelaman berkendara mobil otonom yang aman. Bersama-sama, kami akan memimpin industri dengan solusi inovatif untuk semua OEM," tutur Hiroyuki Wakabayashi, Executive Vice President Denso. [Ary/Ari]


Komentar