TMMIN Ajak Puluhan Blogger Lihat Proses Produksi Mobil Toyota Share this

TMMIN Ajak Puluhan Blogger Lihat Proses Produksi Mobil Toyota

Adi Hidayat
pada 19 Oktober 2017

Foto: Puluhan blogger nasional saat menerima penjelasan dari pihak TMMIN (Foto: Ikhsan)

KARAWANG – Mobil123.com dan Otospirit.com bekerjasama dengan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengajak puluhan blogger nasional untuk melihat langsung proses produksi mobil Toyota di TMMIN Plant 1 Karawang.

Kunjungan ini diharapkan dapat memperlihatkan proses pembuatan mobil Toyota dari nol hingga menjadi sebuah mobil utuh. Dengan demikian, diharapkan para blogger bisa menyampaikan kepada masyarakat bagaimana Toyota menjaga kualitas kendaraan mereka.

“Acara ini rasanya sangat positif. Memang kami ada bagian-bagiannya sendiri. Ada bagian dengan tugas memasarkan kendaraan, ada bagian yang membuat kendaraan dan sebagainya," kata Anang Sayogo, General Manager PT TMMIN di Karawang.

"Dengan adanya acara kini, maka diharapkan kami bisa menambah apa yang sebenarnya ingin diketahui oleh masyarakat khususnya dari produksi kendaraan. Di sini kami bisa menunjukkan bahwa kualitas kendaraan dan sebagainya dijaga dengan ketat.”

Kunjungan ini pun berhasil memberi ilmu baru kepada 20 blogger nasional. Hal ini karena tidak sedikit dari mereka yang belum pernah datang ke pabrik pembuatan mobil sebelumnya. Bernavita, peserta perempuan yang ikut serta dalam kunjungan ini mengaku bahwa dirinya cukup kaget bahwa pabrik Toyota di Indonesia ternyata memproduksi mobil untuk kebutuhan ekspor. Ia mengaku sempat bingung saat melihat ada mobil dengan kiri.

“Saya baru tahu kalau ternyata Toyota Indonesia ternyata memproduksi mobil untuk keperluan international. Dan ternyata mobil-mobil Toyota Indonesia sudah di ekspor ke beberapa negara,” ucap Bernavita.

Sementara itu Choirul Huda, peserta kunjungan blogger mengaku bahwa sebelumnya pernah datang ke pabrik Toyota di Sunter. Menurutnya, kunjungan ini lebih menarik dibandingkan kunjungan sebelumnya yang Ia ikuti karena bisa melihat proses secara utuh, bukan hanya produksi mesin.

“Puas sekali. Sebab kami bisa lihat proses pembuatan mobil dari hulu sampe hilir, dari lempengan baja sampai bener-bener jadi mobil. Selain itu penjelasan dari petugas Toyotanya juga sangat detail sehingga kami benar-benar paham,” terang Choirul.

Pabrik ini pertama kali beroperasi pada tahun 1998 dengan kapasitas produksi mencapai 130.000 unit per tahun. Di pabrik inilah, Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner diproduksi. [Adi/Ikh]


Komentar