Tiru Jokowi, Presiden Rusia Resmikan Jembatan Gunakan Truk Share this
Berita Mobil
Mode baca

Tiru Jokowi, Presiden Rusia Resmikan Jembatan Gunakan Truk

Denny Basudewa
pada 17 Mei 2018

MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin meresmikan jembatan sepanjang 19 kilometer dengan mengendarai truk besar.

Hal tersebut mengingatkan kita dengan apa yang dilakukan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo belakangan ini. Bedanya adalah Putin mengemudikan sendiri truk buatan Rusia yakni Kamaz. Jembatan yang baru diresmikan pada Selasa (15/05/2018) menghubungkan Rusia dengan daratan Krimea. Jokowi sendiri menaiki truk untuk meresmikan jalan tol, sementara Putin meresmikan jembatan yang menghubungkan dua pulau.

Jembatan yang baru diresmikan tersebut dikatakan mampu menampung 40 ribu mobil setiap harinya. Selain itu jembatan yang diberi nama Kerch Strait Bridge akan memindahkan 14 juta penumpang dan 13 juta ton cargo setiap tahunnya.

Dalam meresmikan dan meninjau jembatan tersebut, Putin tidak sendirian tentunya. Ia ditemani puluhan truk Kamaz yang berkelir orange dengan beragam fungsi muatan. Mereka berbaris rapi di Kerch Strait Bridge.

“Putin memulai proyek ini sendirian. Pada saat itu, banyak yang tidak percaya bahwa rencananya akan berhasil. Ini adalah hari yang bersejarah dari sudut pandang kami dan dalam arti praktis dan istilah simbolis,” ujar juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Dengan hadirnya Kerch Strait Bridge, orang-orang yang berasal dari Rusia dapat menyebrangi Laut Hitam ke Kremlin. Sebelumnya mereka harus menyebrang naik perahu melewati Ukraina.

Ide untuk memangkas jarak tempuh seperti yang dilakukan Putin sendiri bukanlah hal baru. Pemerintah Inggris membangun rel kereta hingga India. Di Indonesia, wacana untuk membangun jembatan yang menghubungkan pulau Sumatera, dengan Jawa masih belum jelas hingga saat ini. [Dew/Ari]


Komentar