Tips Mudik dengan Motor, Cek 3 Hal Penting Ban Share this
Tips
Mode baca

Tips Mudik dengan Motor, Cek 3 Hal Penting Ban

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 24 May 2019

JAKARTA — Ban menjadi salah satu faktor utama yang menunjang kenyamanan pengendara sepedamotor, terlebih mudik dilakoni dalam perjalanan cukup panjang.

Ban sendiri berfungsi sebagai penahan beban dari kendaraan maupun pengendaranya. Selain itu, karet bundar juga bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Makanya, ban harus dalam kondisi terbaik agar memberikan performa maksimal buat pengendara. 

Untuk itu, para pemudik sebaiknya memerhatikan dengan seksama kondisi dari kedua ban motor. Seperti diungkap oleh Astra Otoparts selaku produsen ban Aspira Premio berikut ini: 

  1. Cek kembangan. Idealnya setiap ban telah dilengkapi dengan TWI (Thread Wear Indicator) yang ditandai dengan segitga pada dinding ban. Pada bagian segitiga tedapat tonjolan karet yang menunjukan batas pemakaian ban. Jika sudah menyentuh tonjolan itu, sebaiknya di lakukan penggantian karena kembangan sudah aus dan daya cengkram ban tak lagi maksimal dan berbahaya jika terus digunakan.
  2. Periksa arah pemasangan. Ketika memutuskan mengganti ban baru, perhatikan juga arah pemasangan ban dengan benar. Apalagi, sekarang ini cukup banyak brand yang menghadirkan ban dengan pola alur terbalik. Agar tidak salah, ikuti arah tanda panah yang terdapat pada dinding ban. 
  3. Periksa tekanan angin. Beberapa pengendara menyukai tekanan angin sedikit dikurangi karena akan mendapatkan cengkeraman lebih saat digunakan. Tapi, ini tidak disarankan dalam penggunaan jangka waktu lama. Hal ini dapat menimbulkan benjol pada ban karena adanya beban berlebihan yang harus ditahan oleh ban. Tekanan angin yang berlebih juga tidak baik untuk ban karena ban akan menjadi keras, sehingga keseimbangan dalam berkendara akan terganggu. Efek dari angin yang terlalu keras ini mengakibatkan getaran pada pengendalian. Oleh karena itu pastikan tekanan angin ban harus dalam ukuran sesuai kebutuhan motor. [Ary/Idr]

Komentar