Tips Merawat Diecast Biar Awet Share this
Tips
Mode baca

Tips Merawat Diecast Biar Awet

Helmi  Reinaldi
pada 31 Agustus 2019

Foto: Diecast

JAKARTA – Merawat koleksi diecast bisa dibilang gampang-gampang susah. Mudah untuk dilakukan, tetapi mungkin ada cara yang salah dalam perawatannya.

Meski biasanya hanya “sekadar dipajang”, ternyata ada cara tersendiri untuk merawat diecast agar selalu memiliki tampilan yang prima dan sedap dipandang. Biar tidak salah kaprah, tips merawat diecast dari ahlinya ini mungkin bisa coba Anda lakukan.

Antoni Kondar, salah satu diecast collector yang sudah berpengalaman di dunia toys and model, tak sungkan membagikan tips bagaimana cara merawat diecast dengan baik dan benar.

Menurut Antoni, cara pertama yang harus dilakukan untuk merawat diecast adalah meletakannya di tempat yang tepat. Antoni menyarankan untuk menghindari tempat yang lembab.

“Karena diecast itu catnya lumayan sensitif. Jadi ada baiknya hindari tempat lembab,” ujar Antoni kala ditemui di Press Conference Event Tomoci 6.

Jika disimpan di tempat yang tidak tertutup, sudah pasti akan ada debu-debu halus yang mulai hinggap menutupi diecast. Guna menghindari debu, penggunaan kotak akrilik sangat direkomendasikan oleh Antoni yang juga tergabung dalam komunitas Toys and Model Collector Indonesia (Tomoci).

Andai sudah terlanjur terkena debu, hilangkan dengan menggunakan lap kering. Tetapi hindari penggunaan sabun.

“Kalau dilap, jangan pakai sabun karena itu akan merusak cat dari diecast,” pungkas Antoni. [Hlm/Idr]


Komentar