Tips Bikin Awet Audio Mobil Share this
Tips
Mode baca

Tips Bikin Awet Audio Mobil

Denny Basudewa
pada 06 Mei 2020

Foto: Audio Mobil

JAKARTA – Perangkat audio mobil perlu mendapat perhatian terutama saat menjalani masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kondisi PSBB seperti saat ini, membuat banyak orang membiarkan mobilnya terparkir lama di garasi rumah. Hal ini dapat mengakibatkan beberapa komponen mengalami kerusakan ringan hingga serius. Tidak hanya mesin, komponen lain seperti audio juga berpotensi mengalami kerusakan jika didiamkan terlalu lama.

Aki atau baterai pada kendaraan merupakan salah satu komponen yang perlu mendapat perhatian. Terlebih jika telah melakukan modifikasi pada sistem audio. Pemilik kendaraan harus memberikan perhatian khusus agar berbagai komponen di dalam kendaraan tetap prima.

“Paling penting sih panasin mobil, ini untuk menjaga kemampuan aki menyimpan daya tetap optimal. Karena dari sini kalau akinya bermasalah, bisa merembet pada komponen lainnya,’ ucap Irwan Kusuma, Presiden Direktur PT Sumber Sejahtera Audiotama, dalam acara peluncuran virtual speaker aktif Venom (04/05/2020).

Lebih jauh untuk pemilik kendaraan yang telah melakukan modifikasi sistem audionya, diperlukan perlakuan tambahan. Kembali lagi agar berbagai jenis speaker yang ditanamkan dalam kabin tetap mampu menghasilkan suara optimal.

“Sambil dipanasin mesinnya, audionya juga dihidupkan. Ini untuk mencegah membran pada subwoofer tetap berfungsi optimal. Karena speaker jika lama tidak digunakan bisa menimbulkan korosi yang pada akhirnya suara tidak jernih lagi,” jelas pria yang akrab disapa Koh Abay.

Mobil yang telah dipasangkan kosmetika audio tentunya diharapkan bisa menghasilkan suara yang jernih. Maka melakukan hal ringan seperti di atas mampu mencegah adanya kerusakan yang tidak diinginkan. [Dew/Idr]


Komentar