Tinggalkan Thailand, General Motors Jual Pabrik ke Perusahaan China Share this
Berita Mobil
Mode baca

Tinggalkan Thailand, General Motors Jual Pabrik ke Perusahaan China

Indra Prabowo
pada 17 Februari 2020

RAYONG – Setelah General Motors (GM) mengumumkan akan pergi dari Thailand pada akhir 2020, pabrikan mobil asal Amerika Serikat ini pun menyatakan pabrik mobil dan mesinnya di Rayong Thailand akan dibeli oleh Great Wall Motors (GWM).

Pabrik GM di Rayong sendiri beroperasi sejak tahun 2000. Hingga kini pabrik ini telah memproduksi 1,4 juta kendaraan untuk pasar local dan ekspor. Pabrik ini sendiri merupakan pusat manufaktur regional untuk truk ukuran menengah, SUV dan mesin diesel.

Wakil Presiden Senior Operasional Internasional GM, Julian Blissett, mengatakan perusahaan telah mengambil keputusan sulit untuk menghentikan operasi manufaktur di Thailand setelah melakukan analisis rinci.

“Keputusan kami untuk menghentikan produksi di situs Rayong didasarkan pada strategi global GM dan optimalisasi jejak manufaktur kami di seluruh dunia. Dalam konteks ini, penjualan pabrik Rayong ke GWM adalah pilihan terbaik untuk mendukung pembuatan kendaraan di masa depan di lokasi ini,” kata Blissett.

Pabrik di Rayong akan membantu Great Wall Motors untuk berbisnis di kawasan Asia Tenggara dan Australia. Selain pabrik di Rayong, produsen mobil asal China ini juga pernah membeli pabrik dari GM di India dan Russia. [Idr]


Komentar