Tiguan Menjadi Mobil Terlaris VW 2019 Share this
Berita Mobil
Mode baca

Tiguan Menjadi Mobil Terlaris VW 2019

Ahmad  Richad
pada 22 April 2020

WOLFSBURG - Pabrikan otomotif asal Jerman, Volkswagen (VW) mengumumkan bahwa Tiguan mereka berhasil menjadi produk terlaris dengan angka penjualan mencapai enam juta unit.

Volkswagen mengatakan bahwa SUV ini berhasil mengambil porsi 80 persen dari total penjualan VW di seluruh dunia. Prestasi Tiguan ini bahkan mengalahkan mobil ikonik VW Golf, dan menjadi satu dari tiga Sport Utility Vehicle (SUV) terpopuler di dunia.

Jika ditarik ke belakang, prestasi Tiguan ini tidak mengherankan, karena sejak kehadiran pertamanya pada 2007 silam pemesannya langsung di angka 120 ribu unit, dan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Generasi pertama Tiguan ini berlanjut hingga satu dekade.

Volkswagen baru mulai memproduksi Tiguan generasi kedua pada 2016, setelah sebelumnya terpajang sebagai konsep Volkswagen MQB platform di Frankfurt Motor Show 2015.

Sejarah Tiguan ini terbilang sangat panjang, dan pada tahun 2019 lalu total produksi Tiguan sudah mencapai 910.926 unit. Peningkatan ini sungguh luar biasa, bahkan VW mengklaim setidaknya 1 unit Tiguan keluar dari pabrik per 35 detik. 

Saat ini Volkswagen punya enam fasilitas produksi Tiguan di seluruh dunia. Seperti di Jerman, Meksiko, India, Malaysia, Algeria dan Tiguan yang diproduksi secara CKD di Purwakarta, Indonesia.

Kesuksesan Tiguan tidak hanya berhenti disini. Kabarkan VW tengah mempersiapkan Tiguan masuk ke babak baru yakni elektrifikasi dengan tampilan yang lebih segar karena menggunakan versi NWB tahun 2020. Sumber tenaga plug-in hybrid di Tiguan juga akan segera masuk jalur produksi. [Ric/Idr]


Komentar