Tiga Mesin Generasi Terbaru VW Selesai Dibuat Share this

Tiga Mesin Generasi Terbaru VW Selesai Dibuat

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 01 Mei 2018

VIENNA - Volkwagen (VW) melahirkan tiga mesin generasi terbarunya di Vienna Motor Symposium, Austria. Satu diantaranya akan diterapkan pada VW Golf.

VW menunjukkan komitmen untuk memproduksi kendaraan ramah lingkungan. Hal tersebut pun dibuktikan melalui kehadiran tiga mesinnya berikut ini.

Pertama, VW memperkenalkan mesin hybrid dengan yang dinamai teknologi 48V. Sistem penggerak ini rencananya akan diterapkan pada VW Golf terbaru. Pihak pabrikan mengklaim generasi anyar Golf akan memiliki peningkatakan performa. Tentu saja diikuti dengan efisiensi konsumsi BBM (bahan bakar minyak) dan emisi gas buang lebih rendah.

Di pameran ini, VW juga merilis mesin baru 1.5 TGI Evo. Sistem pembangkit tenaga yang berbasis dari mesin 1.5 TSI BlueMotion tersebut akan disandingkan dengan perangkat turbocharger andalan mereka yaitu VTG (variable turbine geometry).

Sama seperti spesifikasi pendahulunya, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 130 hp. Namun, fokus utama yang ingin ditekankan VW adalah mengenai pengurangan emisi gas buang kendaraan. Menurut pihak VW, perkembangan kendaraan bermesin gas ini tengah berkembang pesat di Jerman.

Mesin TSI milik VW ini bisa bisa dipacu dengan bio gas. Akan tetapi, mereka juga turut memperbaharui teknologi CNG untuk mendapatkan pasokan tenaga dari tenaga angin, matahari, tenaga air atau pembangkit listrik biomassa.

Mesin tersebut juga dikombinasikan dengan perangkat dual clutch gearbox (DSG) yang saat ini ada pada VW Golf. Pabrikan yang bermarkas di Wolfsburg, Jerman ini juga menyatakan CNG baru itu akan membuat konsumsi BBM bertambah dari 3,5 liter/100 km menjadi 3.5 liter/490 km.

VW juga turut merilis mesin diesel baru bernama EA288 Evo yang akan disandingkan dengan mesin 2.000 cc empat silinder dengan fitur TDI. Menariknya, mesin diesel ini juga sudah terintegrasi dengan motor listrik (baterai).

Baterai berkapasitas 12V itu akan ditempatkan pada starter generator. Teknologi pertama yang diterapkan VW ini tidak hanya membuat kendaraan penggunanya makin irit. Tapi, tenaganya juga bertambah pada rentang 136 hp hingga 204 hp. Bisa jadi, semua produk bermesin diesel VW akan mengaplikasi teknologi baru ini. [Ary/Ari]


Komentar