Tidak Laku, Audi R8 Bakal Disuntik Mati pada 2020 Share this
Berita Mobil
Mode baca

Tidak Laku, Audi R8 Bakal Disuntik Mati pada 2020

Denny Basudewa
pada 23 Desember 2017

Foto: Audi R8

INGOLSTADT – Supercar legendaris Audi R8 dikabarkan akan berhenti diproduksi pada 2020, karena penjualan yang buruk.

Sejak dipasarkan pada 2006 silam, mobil berperforma asal Jerman ini memang kurang diminati masyarakat. Terbukti sejak diproduksi pertama kali, Audi R8 hanya terjual 20 ribu unit lebih. Hal inilah yang kemudian membuat frustasi pihak pabrikan mobil berlambang empat gelang tersebut.

Pada generasi pertama, Audi R8 menggunakan mesin 4.2-liter berkonfigurasi V8. Jantung mekanis mobil ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 420 hp dengan torsi 430 Nm. Kendaraan tersebut diwajibkan meminum bahan bakar minyak (BBM) RON 98 atau setara Pertamax Turbo.

Generasi kedua Audi R8 menggunakan basis mesin yang sama dengan Lamborghini Gallardo LP560-4. Dengan mengandalkan mesin 5.2-liter FSI V10, jantung pacu tersebut hanya menyalurkan tenaga sebesar 525 hp dengan torsi 530 Nm.

Audi R8 juga kerap terlihat wara-wiri di layar kaca sebagai kendaraan milik Robert Downey Jr. Dirinya memerankan Tony Stark di film Iron Man. Mobil ini menjadi sahabat setia sang aktor yang memiliki kekayaan luar biasa.

Namun apa daya jika pesona Audi R8 kalah populer dari sportcar atau bahkan supercar lainnya. Beberapa pengembangan kendaraan tersebut, tetap tidak bisa menaikkan jumlah penjualan Audi R8.

Tersiar kabar bahwa Audi R8 akan digantikan dengan R8 e-tron yang lebih bersahabat untuk lingkungan. Era mobil listrik nampaknya akan dimanfaatkan oleh manufaktur asal Jerman tersebut. [Dew/Ikh]


Komentar