Test Ride KTM Duke 200 - Ballerina Lincah Share this
Review Motor
Mode baca

Test Ride KTM Duke 200 - Ballerina Lincah

Indra Prabowo
pada 15 Februari 2019

LEBAK – Dengan iming-iming KTM Duke 200 sebagai satu-satunya naked bike 200cc ber-DNA balap  membuat Otospirit tergiur untuk membuktikannya.

Daya Tarik lainnya adalah desainnya dengan tekukan-tekukan tegas yang memadukan gaya streetbike dan race bike, dimensi kecil, chassis terali, dan tentunya brand KTM dengan motto “Ready to Race”.

Beberapa pekan lalu kami pun melarikan KTM Duke 200 dari Jakarta ke Sawarna via Cikidang dan Palabuhanratu.

Di awal perjumpaan, kami tidak perlu lama beradaptasi dengannya. Dengan bobot yang sangat ringan (kurang dari 130 kg), dimensi compact dan ketinggian jok (800 mm) ramah terhadap pengendara berpostur 165-170 cm seperti saya, Duke 200 sangat mudah diajak bermanuver.

Di kepadatan lalulintas kota Jakarta, Duke 200 sangat jinak dan lincah. Tak perlu banyak tenaga, Anda tinggal melirik kaca spion atau menoleh, di berbagai kecepatan, Duke 200 akan menjadi seorang anak yang patuh.

Berlanjut ke lintasan lurus dan cukup panjang di jalan raya Bogor. Duke 200 cakap meladeninya. Satu-per-satu gigi dimasukkan, tanpa terasa motor sudah melaju dengan sigap. Ah, sayangnya, suara knalpot kurang macho.

Menjelang daerah Cikidang, kami sempat berpikir apakah kuda Austria ini bisa melumat tanjakan-tanjakan di depan sana dengan mudah. Kami salah, ternyata, mesin 200cc, 1-silinder, DOHC, bertenaga 26 hp tidak perlu berteriak dan ngos-ngosan. Bahkan dengan gear 4, 5 atau 6 tetap bisa mendaki dengan smooth di beberapa tanjakan.

Plus, di setiap tikungan Duke 200 seperti seorang ballerina yang menari dengan luwes. Setidaknya bobot ringan, performa mesin, suspense rigid dan dimensi compact menjadi 4 password utama.

Sepanjang sekitar 200 kilometer perjalanan, kami punya beberapa catatan tambahan yakni posisi berkendara yang tegak tidak membuat kami lelah; pencahayaan non-LED sepertinya wajib menjadi salah satu agenda utama jika nanti KTM mengeluarkan versi penyegarannya; dan instrument cluster bercahaya orange dan berbentuk kotak kecil dengan berbagai informasi disajikan secara digital kurang atratif.

Satu lagi, berdasarkan klaim KTM, dengan mengantongi 11 liter bensin (tangka full), KTM Duke 200 bisa menjelajah hingga 300 kilometer (27,27 km/liter).

Secara keseluruhan, KTM Duke 200 bisa menjadi salah satu incaran Anda di kelas naked sportbike 200 cc. Apalagi harga Duke 200 di bawah 40 juta rupiah, tepatnya Rp 38 juta. [Idr]

Property by
KTM Grand Galaxy Park Mall
Jl. Boulevard Raya No.12, kota Bekasi
Telepon:  +62 858-9409-1293

         

       


Komentar