Test Ride All-new Kawasaki Ninja 250

ninja 250
All-new kawasaki ninja 250 di Sentul (Foto: Amos Arya)

JAKARTA – Menguji all-new Kawasaki Ninja 250 yang diklaim memiliki tenaga paling besar di kelasnya, di sirkuit Sentul, Bogor, 12 Januari 2018.

All-new Kawasaki Ninja 250 pertama kali dikenalkan di gelaran Kawasaki Bike Week (KBW) 2017. Sejak muncul di depan publik untuk pertama kalinya, sang pelopor di kelas 250 cc ini mengundang rasa penasaran banyak orang, khususnya dalam hal tenaga mesin.

Seperti diketahui, saat ini Ninja 250 tidak sendirian karena bersaing dengan all-new Honda CBR250RR dan Yamaha MT25. Oleh karena itu, kemunculan all-new Kawasaki Ninja 250 yang lebih bertenaga sangat dinantikan para penggemarnya.

Seperti kami beritakan sebelumnya, all-new Kawasaki Ninja 250 mengusung berbagai pembaruan tidak hanya dari sektor mesin saja. Motor sport seperempat liter ini diyakini lebih nyaman digunakan karena mengalami sejumlah pengembangan.

Kali ini kami berkesempatan untuk mencoba produk terbaru dari PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tersebut di Sentul. Menunggangi all-new Kawasaki Ninja 250, terasa semakin nyaman karena jok lebih tebal 50mm. Namun ketinggian tempat duduk dari tanah tetap sama.

Melihat ke arah kemudi, panel instrumen dari all-new Kawasaki Ninja 250 kini terlihat lebih mewah. Spidometer motor ini dikatakan mengalipkasikan model Ninja 650. Indikator seputar mesin terlihat lebih lengkap dan informatif.

Kami mulai menyalakan mesin dua silinder berkapasitas 249 cc dan merasakan raungannya. Tidak terdengar perbedaan berarti dari generasi sebelumnya. Namun pihak KMI mengatakan kuda besi ini memiliki 5 hp lebih besar dari pendahulunya.

Kamipun bergegas memasuki lintasan untuk merasakan performa sebenarnya dari all-new Kawasaki Ninja 250. Motor yang kini memiliki bobot lebih ringan 8 kilogram dari generasi sebelumnya ini memang terasa lebih ringan. Terlebih jarak sumbu roda yang dipangkas membuat manuver motor lebih lincah.

ninja 250
menguji all-new kawasaki ninja 250

PT KMI menyatakan bahwa pihaknya menambah diameter suspensi depan agar stabilitas motor lebih baik. Namun apa yang kami rasakan suspensi depan terasa terlalu empuk, ditambah dengan kondisi aspal Sentul yang tidak sempurna, sehingga motor terasa melayang ketika memasuki tikungan.

Namun yang menarik adalah penyaluran daya motor yang terasa lebih responsif. Perpindahan gigi juga terasa lebih halus karena adanya fitur slipper clutch. Terlihat pada spidometer, kecepatan maksimal yang bisa kami capai adalah 158 km/jam. Namun motor ini masih bisa lebih kencang lagi jika memang yang menggunakannya pembalap sesungguhnya.

ninja 250
test ride all-new kawasaki ninja 250

Kesimpulannya adalah sebagai pelopor, all-new Kawasaki Ninja 250 kini kembali hadir sebagai yang terkuat di kelasnya. Menarik untuk dilihat apakah pasar sport 250 cc bergairah kembali dengan adanya sejumlah inovasi terbaru?. Kompetitor juga tentunya tidak akan tinggal diam sehingga persaingan akan kembali memanas. [Dew/Ari]