Test Drive Toyota C-HR, Buktikan Kualitas Produk Global

Toyota C-HR
First Drive Toyota C-HR

JAKARTA – Toyota C-HR menantang para jurnalis otomotif Tanah Air untuk membuktikan kualitasnya.

PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar acara first impressions produk terbarunya yakni C-HR. Para awak media berkesempatan untuk menguji crossover compact Toyota tersebut, di kawasan Ancol, Jakarta Utara (02/05/2018).

Produsen mobil asal Jepang ini menyediakan 3 unit Toyota C-HR berkelir White Pearl, Red Mica with black roof dan Blue Metallic with black roof. Para awak media ditantang untuk membuktikan keandalan produk pertama Toyota dengan platform TNGA.

TAM menawarkan rute beragam mulai dari lintasan aspal, konblok dan beberapa kondisi jalan yang berlubang. Trek ini sengaja dipilih guna membuktikan kemampuan suspensi juga handling dari Toyota C-HR.

Selain itu mereka juga menyediakan satu pengendara motor, untuk menguji salah satu fitur unggulannya yakni Blind Spot Monitoring (BSM). Para awak media juga berkesempatan merasakan akselerasi dari Toyota C-HR di lintasan lurus.

Toyota C-HR yang diimpor secara utuh dari negeri Gajah Putih, Thailand, dikatakan menggunakan suspensi MacPherson pada bagian depan dan Double Whisbone di belakang. Perangkat tersebut selain memberikan kemampuan handling yang baik pada kendaraan, juga mampu meredam guncangan dengan apik.

Alat kemudi Toyota C-HR dirancang untuk memberikan kemudahan pada pengendaranya. Kami (Otospirit.com) merasakan ringannya alat kemudi kendaraan tersebut. Selain itu juga terdapat beberapa switch seperti audio dan pengatur fitur-fitur mobil seperti mode berkendara, membaca pesan dan telekomunikasi.

Sebagai kendaraan yang telah mengusung platform TNGA, Toyota C-HR memang dirancang untuk memanjakan pengemudinya. Mereka mengatakan bahwa salah satu keunggulan platform ini adalah guna membuat pengendaranya nyaman.

Toyota C-HR
Toyota C-HR cocok untuk siapa saja

Kenyamanan pada Toyota C-HR, salah satunya disokong oleh bentuk jok yang menopang tubuh dengan sempurna. Semua fitur yang disematkan pada dasboard juga tertuju pada pengemudi. Di bagian tengah terdapat monitor LCD 7” yang dapat terkoneksi dengan smartphone.

Salah satu komponen kendaraan yang menarik dari Toyota C-HR adalah tuas persneling. Toyota menempatkan jalur yang tidak biasa untuk produk satu ini. Di belakangnya terdapat rem parkir elektris beserta tombol hold dan fitur stability control.

Meskipun dilahirkan sebagai crossover compact, Toyota C-HR memiliki ruang kabin yang cukup memadai. Duduk di kursi belakang tidak membuat penumpang keleluasaan dalam bergerak. Hanya saja jendela belakang yang berukuran kecil, membuat pandangan sedikit terbatas ke arah luar kendaraan.

Toyota C-HR
Mesin 1.800 cc Toyota C-HR

Secara keseluruhan, kemampuan handling, manuver hingga akeselerasi Toyota C-HR cukup mumpuni. Mobil yang dibanderol seharga hampir Rp 500 juta ini memiliki kemampuan dan menawarkan fitur di atas kompetitornya. [Dew/Ari]