Merasakan Hentakan Honda Civic Turbo

honda civic turbo
All-new Honda Civic Turbo dilengkapi mesin 1.5-liter VTEC Turbo.

BOGOR – All-new Honda Civic 1.5-liter Turbo selalu bikin penasaran, terutama pada perangkat Turbo yang dijanjikan mendongkrak tenaga mesin.

Dalam acara media test drive all-new Honda Civic Turbo selama dua hari Selasa-Rabu (24-25/5) tujuan Jakarta-Bandung-Jakarta, PT Honda Prospect Motor (HPM) memberikan kesempatan kepada wartawan otomotif termasuk Otospirit untuk merasakan kedahsyatan Turbo-nya.

Lokasi ujicoba di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat setelah Otospirit merasakan test drive all-new Honda Civic Turbo dari markas PT HMP di Sunter, Jakarta Utara.

Dibantu Alvin Bahar, pembalap nasional, para wartawan otomotif diajak menyelami seluk beluk sedan ini terlebih dahulu. Ia menjelaskan bahwa all-new Honda Civic Turbo memiliki karakter mesin berbeda dari model sebelumnya.

All-new Honda Civic Turbo dilengkapi mesin 1.5-liter VTEC Turbo tenaga 173 Ps pada 5500 rpm dan torsi 220 Nm mulai 1700 – 5500 rpm. Artinya mesin ini setara mesin 1.8-liter atau 2.0-liter. Hal itu yang menjadi keunggulan sedan ini.

Muhamad Zuhdi, Technical and Warranty Manager PT HPM menjelaskan, Turbo tersebut memanfaatkan energi gas buang untuk untuk memandatkan udara masuk ke dalam silinder, sehingga pembakar dalam mesin akan lebih sempurna dan dengan pembakaran sempurna maka otomatis tenaga yang dihasilkan akan lebih besar.

Apa yang dituturkan oleh Alvin Bahar bisa dirasakan di lintasan sepanjang 402 meter. Otospirit mendapat dua kali kesempatan di lintasan yang sama. Cukup mudah untuk merasakan perangkat Turbo yang tersimpan pada sedan ini, atau tidak perlu trik khusus.

Caranya pijak pedal rem dengan kaki kiri disertai menggeser tuas dari P ke D. Dan dalam waktu bersamaan posisi kaki kanan harus pijak pedal gas sampai jarum menunjukkan angka sekitar 1700 rpm. Begitu lampu hijau menyala, peserta diharapkan memijak pedal gas sampai habis.

Tarikan awal mesin cukup bertenaga. Raungan mesin agak masuk ke dalam kabin, namun gejala turbo lag tidak saya rasakan. Kenikmatan berkendara juga saya rasakan saat melakukan akselerasi, di mana tidak ada getaran terasa sampai di bawah kursi yang biasanya ditimbulkan akibat dari perpindahan gigi transmisi. Sebab, untuk model baru ini telah menggunakan transmisi CVT.

Merasakan all-new Honda Civic Turbo dijual Rp 475 juta hasilnya cukup memuaskan. Saya sanggup menorehkan catatan waktu 16,016 detik. Sementara Alvin Bahar 15,750 detik. Rekan saya, Resa Azhara bahkan lebih cepat yaitu 15,582 detik.

Semoga all-new Honda Civic Turbo akan mengembalikan gairah pada segmen sedan di Indonesia. [Ikh/Idr]