Komparasi Yamaha Lexi vs Honda Vario 125

Komparasi yamaha Lexi dan Honda vario 125
Yamaha Lexi dan Honda Vario

JAKARTA – Yamaha Lexi dan Honda Vario 125 coba Otospirit.com komparasi melalui data teknis masing-masing, simak keunggulan dan kekerangannya.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melakukan gebrakan awal tahun dengan mengenalkan Lexi. Motor jenis skutik ini tergabung dalam keluarga Maxi Yamaha namun memiliki kapasitas mesin paling imut yakni 125cc.

Secara tidak langsung Yamaha Lexi menantang Honda Vario 125 yang penjualannya cukup baik di pasaran. Jika melihat spesifikasi kedua motor tersebut, baik Yamaha Lexi maupun Honda vario 125 memiliki keunggulan masing-masing. Meskipun produk terbaru yang berlambang garpu Tala tersebut masuk ke jajaran skutik premium Yamaha.

Melihat tampilan, kedua motor sama-sama menarik dengan mengusung wujud motor modern yang sarat teknologi. Terlihat pada penyematan teknologi LED pada kedua lampu motor jenis skuter matik tersebut.

Lebih dari itu, Yamaha Lexi 125 menawarkan bodi yang lebih besar dari Honda vario 125. Bahkan dikatakan jagoan baru PT YIMM tersebut diciptakan guna memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satunya mampu mengangkut galon air pada bagian dek.

Menariknya meskipun Yamaha Lexi memiliki bodi cukup gambot seperti pendahulunya yakni Nmax, namun Honda Vario 125 lebih unggul dalam hal ergonomi. Hal tersebut berkat kapasitas tangki bahan bakar Honda Vario lebih besar yakni 5,5 liter, ketimbang Yamaha Lexi 4,2 liter.

Honda Vario 125 juga memiliki jarak sumbu roda yang lebih pendek yakni 1.280mm, daripada Yamaha Lexi 1.350mm. Jarak terendah ke tanah Vario juga lebih tinggi (135mm), sementara Lexi 133mm. Hal ini tentunya berimbas pada lincahnya kendaraan saat bermanuver di jalanan yang padat.

Yamaha Lexi unggul dalam spesifikasi mesin di atas kertas. Motor berjuluk Sexy Lexi tersebut menawarkan mesin 124,7cc SOHC satu-silinder, dengan hasil daya 11,6 hp pada 8.000 rpm. Sementara Honda Vario 125 menggunakan mesin yang sedikit lebih besar, namun selisih 0,5 hp lebih kecil (11,1 hp/8.500 rpm).

Torsi Yamaha Lexi juga lebih besar yakni 11,3 Nm pada 7.000 rpm. Sementara Honda Vario 125 hanya 10,8 Nm pada 5.000 rpm. Bedanya torsi Honda Vario 125 sudah maksimal di putaran mesin lebih rendah dari Yamaha Lexi.

Sama seperti pendahulunya, Yamaha Lexi juga tidak disediakan fitur kick stater. Sehingga pemilik skutik Yamaha tersebut harus merawat komponen aki lebih sering, agar tidak merepotkan di kemudian hari.

Dari segi teknologi mesin, kedua motor mempunyai fitur unggulan masing-masing. Yamaha Lexi dengan VVA dan Blucore, sementara Honda vario 125 percaya diri dengan eSP. Fitur-fitur tersebut memiliki fungsi memaksimalkan tenaga mesin tanpa membuat penggunaan bahan bakar lebih boros.

Bicara soal kenyamanan, Yamaha Lexi menawarkan jok yang terbilang lebih panjang daripada Honda vario 125. Hal ini dimaksudkan guna memberikan kenyamanan lebih pada penggunanya, terlebih pengendara ojek online terhadap para penumpangnya.

Yamaha Lexi diciptakan untuk memberikan kenyamanan bagi para pelanggan setianya. Belajar dari kasus Yamaha Nmax yang menggunakan suspensi tabung pada bagian belakang, produk baru YIMM tersebut juga telah mengandalkan peredam kejut model tabung.

Salah satu keunggulan Yamaha Lexi dibandingkan Vario 125 adalah penggunaan smart key (Yamaha Lexi varian S). Keluarga baru Maxi Yamaha tersebut selangkah lebih maju dalam menerapkan teknologi terkini pada kendaraan roda dua.

Beranjak ke bagian bawah kendaraan, Yamaha lagi-lagi menerapkan standar di atas rata-rata pada produk skutik premiumnya. Lexi menggunakan ban tubeless dengan konfigurasi lebih lebar 90/90-14M/C 46P (depan), 100/90-14M/C 57P (belakang), dari Vario 125 80/90-14M/C 40P (depan), dan 90/90-14M/C 46P (belakang).

Ban lebih lebar tentunya memberikan kenyamanan lebih pada saat melakukan manuver, terutama ketika melahap tikungan. Posisi berkendara dari Yamaha Lexi juga lebih unggul karena menawarkan dua posisi kaki (ke bawah dan ke depan). Berdasarkan pengalaman kami, alat kemudi Honda Vario 125 terasa terlalu rendah, sehingga pengendara agak menunduk yang membuat lebih cepat letih.

Bicara harga, Honda Vario 125 eSP bermain di kisaran Rp 17 – 18 jutaan. Sementara Yamaha Lexi yang baru akan masuk jalur produksi April mendatang, dikatakan akan dipasarkan dengan harga kurang dari Rp 20 juta. Pilihan selanjutnya ada pada konsumen, mana yang cocok dengan gaya Anda? [Dew/Ari]