Impresi Honda CRF 150L di Trek Offroad

Impresi Honda CRF 150L
Honda CRF 150L

SERPONG – Honda CRF 150L membuktikan performanya di trek Pagedangan, Serpong, Banten, setelah secara resmi diluncurkan (09/11/2017).

Untuk diketahui, PT Astra Honda Motor (AHM) mengenalkan untuk pertama kalinya di dunia (world premiere) Honda CRF 150L. Sepedamotor ini seakan menantang para jurnalis yang menjadi saksi kehadiran pertama di dunia untuk mencobanya.

Di lintasan yang didesain akrab untuk motor “penggaruk tanah”, para jurnalis mencoba Honda CRF 150L yang telah disediakan pihak AH.

Impresi pertama saat Otospirit.com menatap jagoan baru Honda ini adalah luar biasa. Pabrikan berlambang Sayap Mengepak tersebut, untuk pertama kalinya menghadirkan kuda besi jenis cross. Namun mereka mengemasnya dengan body yang ramping dan desain yang ciamik.

Body yang ramping tersebut menghasilkan bobot kendaraan hanya mencapai 122 kilogram. Saat menunggangi motor yang dibanderol seharga Rp 38,1 juta tersebut, kaki kami tidak bisa menapak seluruhnya. Walhasil kami hanya mengandalkan satu kaki saja agar tidak terjatuh.

 

Impresi Honda CRF 150L
Honda CRF 150L

Untuk diketahui, jarak jok Honda CRF 150L dengan tanah adalah 869mm, sementara tinggi badan kami 169cm. Sehingga wajar jika kedua kaki tidak bisa menapak tanah dengan sempurna.

Kontak mesin dihidupkan dan suara dari jantung pacu berkapasitas 150cc ini langsung menyapa dengan lembut. Telinga yang akrab dengan beberapa produk Honda sebelumnya, langsung yakin bahwa motor ini menggunakan basis Honda Verza. Meskipun klaim pabrikan menyatakan banyak ubahan yang dilakukan di dalamnya.

Ketika kami mulai melaju, kendaraan ini menunjukkan handling yang sangat mudah. Bermanuver dengan Honda CRF 150L begitu menyenangkan, terutama saat melintasi trek bergelombang. Suspensi Upside down (USD) dengan stroke cukup panjang, meningkatkan kepercayaan diri kami menghadapi rintangan.

Meskipun belum terbiasa dengan perangkat keselamatan berkendara ala motorcross dan masih membaca karakter kendaraan, motor ini tetap dalam kendali kami. Ban dual purpose yang membungkus rumah roda berbahan alumunium, mendukung setiap aksi kami di lintasan.

Honda CRF 150L
Honda CRF 150L

Berbicara mesin yang dipakai untuk melintasi trek pendek-pendek, sumber tenaganya seakan tidak pernah kehilangan napas. Bahkan ketika dihadapkan tanjakan terjal sekalipun, motor tetap bisa diandalkan.

Pada kesempatan ini, sistem pengabut bahan bakar jenis Injeksi dari Honda CRF 150L menunjukkan tajinya. Tenaga mesin selalu siap untuk menaklukkan berbagai rintangan yang kami hadapi.

Sekedar informasi. AHM telah memikirkan matang-matang penggunaan injeksi Honda PGM-FI untuk Honda CRF 150L. Menurut Honda, konsumen tak perlu khawatir dengan semburan bensinnya, karena lebih sempurna ketimbang karburator. Dan sistem pengabutan BBM ini diakui sudah cocok untuk motor-motor “pekerja keras” yang umumnya hidup di alam liar.

Saya terus melaju menaklukkan medan tanah merah yang telah membentuk jalurnya sendiri akibat dilintasi banyak motor. Sementara jok berkelir merah dari motor ini terasa empuk dan menopang bokong dengan baik. Nyaman rasanya.

Impresi Honda CRF 150L
Honda CRF 150L

Honda CRF 150L sendiri dilengkapi beberapa fitur unggulan seperti speedometer digital dan alat kemudi yang dapat diatur ketinggiannya dengan alat khusus.

Meskipun berjenis motorcross sepenuhnya, Honda CRF 150L memiliki tempat tersembunyi di sebelah kiri body. Dengan membuka bautnya, Anda bisa memasukkan beberapa peralatan seperti obeng dan beberapa kunci-kunci.

Kesimpulan:

Meskipun datang sebagai pemain baru di kelas motocross 150cc, Honda menawarkan berbagai fitur unggulan yang tidak dimiliki kompetitornya. Akselerasi dan handling mumpuni membuat kuda besi ini bisa menjadikannya sebagai penantang serius. Namun penggunaan sistem injeksi pada Honda CRF 150L bisa menjadi batu sandungan.

Sistem pengabut bahan bakar karburator sudah akrab di kalangan para penggila motocross karena perawatannya yang lebih mudah. Menarik untuk ditunggu bagaimana respon pasar terhadap produk terbaru dari Honda tersebut di masa mendatang. [Dew/Ikh]