First Impression New MINI Cooper S Countryman

New MINI Cooper S Countryman
MINI Cooper S Countryman

JAKARTA – Hi OS Lovers, kami mendapat kesempatan mengendarai new MINI Countryman setelah peluncurannya di Senayan City, Jakarta.

Generasi kedua dari mobil kompak premium ini tampil dengan dimensi yang lebih besar dari sebelumnya. New MINI Countryman hadir dengan desain lebih proporsional namun tetap mempertahankan keunikan khas mobil Inggris tersebut.

Dari segi eksterior new MINI Countryman perbedaan yang tampak dari generasi sebelumnya adalah ground clearance lebih tinggi. New Countryman tersebut semakin kokoh dengan disematkannya roof rails.

Elemen desain lainnya yang membuatnya tampil berbeda adalah helmet roof, lampu belakang dengan orientasi vertikal, bilah radiator heksagonal dan lampu depan revolusioner. Lampu indikator atau biasa disebut sein di bagian samping kendaraan diperbaharui sehingga tampak seperti panah.

Masuk ke dalam kabin, mobil ikonik asal negeri Ratu Elizabeth ini terdapat beberapa ubahan. Desain kursi depan terasa lebih tinggi sehingga memberikan kemudahan bagi pengendara memantau kondisi jalan di depan. Ruang kabin pun semakin mewah dan pada versi S seluruh jok dilapisi bahan kulit mewah bernuansa creamy.

Pada versi S, pengendara dimanjakan dengan adanya fitur paddle shift dan tiga mode berkendara (Mid, Sport, Green).

Tipe S ini menyuguhkan mesin empat-silinder twin turbo Valvetronic 1.998cc yang disandingkan dengan sistem transmisi otomatis 8-speed. Sumber tenaga ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 192 hp pada 5.000 – 6.000 rpm dan torsi 280 Nm pada 4.600 rpm.

Meskipun rutenya terbilang cukup singkat, new MINI Cooper S Countryman berhasil membuat kami merasakan kemewahan kendaraan khas Eropa. Selama berkendara, mobil yang dilengkapi fitur instrumen sentral layar sentuh 8,8” ini memberikan kesenangan tersendiri.

Sistem audio Harman Kardon, paket wired dan navigasi MINI Professional menjadi standar pada new MINI Cooper S Countryman. Sistem entertainment ditambah dengan suguhan tenaga yang cukup besar membuat kami merasa terkesan mencicipi new MINI Cooper S Countryman.

Kesimpulan kami, bagi Anda anak muda berjiwa sporty, rasanya tak salah memilih mobil ini untuk menemani aktivitas sehari-hari. Mobil seharga Rp 865 juta (off-the-road Jakarta) masih bisa diajak untuk berkendara di dalam kota, keluar kota pun cukup mumpuni. So, Anda bisa ditemani segudang fitur saat menempuh perjalanan. [Dew/Ikh]

Comments