Test Drive All-new Nissan Livina, Plus Minus Livina Dibandingkan Xpander Share this
Mode baca

Test Drive All-new Nissan Livina, Plus Minus Livina Dibandingkan Xpander

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 10 July 2019

JAKARTA - Meski menggunakan platform Mitsubishi Xpander, all-new Nissan Livina tetap memiliki beberapa keunggulan.

Secara eksterior, multi purpose vehicle (MPV) yang menjadi tulang punggung penjualan Nissan ini hampir mirip seluruhnya jika dibandingkan Xpander. Diferensiasi hanya terdapat pada grille depan serta pencahayaan V-Motion (berbentuk ‘V’) di rear combination lamp.

Day-time running light (DRL) LED untuk semua varian bersatu dengan lampu sein dan berada di tempat yang umumnya ditempati lampu depan. Lampu depan kelima pilihan yang tersedia berada di bemper depan dan sudah memakai halogen. Lampu kabut sendiri terdapat pada empat varian atas.

Door Mirror with Electric Adjustment terdapat dari varian E hingga VL. Hanya saja, Auto-folding Outside Mirrors cuma ada di dua varian atas.

Masuk ke dalam kabin, hanya varian termewah all-new Livina yang punya fitur i-Key + Push and Start/Stop Button. VL AT juga satu-satunya yang dilengkapi kursi dan setir berbalut material kulit.

VE AT dan VL AT diberkahi Driver Seat Height Adjuster. Ada pula Head Unit 7 Inch Touchscreen dengan konektivitas smartphone, Steering Switch Control. Dua varian pertengahan Nissan Livina 2019 hanya dilengkapi Head Unit 2DIN. Varian termurah tidak memilikinya sama sekali.

Varian terendah memiliki dua pengeras suara. Ini berbeda dengan dua varian pertengahan atau dua varian teratas yang masing-masing punya 4 serta 6 pengeras suara. Tiga varian di bawah punya dua Power Outlet 12 V di baris pertama dan ketiga. Dua yang lain diistimewakan dengan tiga Power Outlet 12 V di semua baris.

Seluruh varian all-new Nissan Livina dilengkapi Multi Information Display With Eco Indicator. Fitur ini, di VL AT, ditampilkan dari layar LCD berwarna. Untuk jantung pacunya, Nissan menyematkan mesin bensin berkapasitas 1.499 cc dengan daya maksimal 102hp di 6.000 rpm plus torsi puncak 141 Nm di 4.000 rpm.

Transmisi manual yang dipasang adalah 5-percepatan, sementara transmisi otomatisnya 4-percepatan. Mesin ini sama persis dengan yang digunakan oleh Mitsubishi Xpander.

Tiga varian terbawah bermodalkan pelek 15 inchi dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) plus Electronic Brake-force Distribution (EBD). Hanya saja, pelek varian E MT bertipe kaleng, sedangkan dua di atasnya pelek alloi.

Dua varian termewah, VE AT serta VL AT,  memiliki pelek 16 inchi berdesain Machining. Selain dibubuhi sistem pengereman ABS, EBD, maupun Brake Assist (BA). Tak hanya itu saja, LMPV andalan Nissan ini juga memiliki empat fitur keselamatan standar di seluruh tipe.

Selain Dual SRS Airbag, ada sabuk pengaman tiga titik, Auto Hazard Light on Emergency Braking, Immobilizer. VE AT dan VL AT diberikan lagi tambahan Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), Parking Sensor, Rear View Camera. [Amo/Idr]


Komentar