Ternyata, Mazda6 Paling Aman Buat Si Buah Hati Share this

Ternyata, Mazda6 Paling Aman Buat Si Buah Hati

Ary Dwinoviansyah
pada 11 Juni 2019

IRVINE — Lembaga independen The Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) mengumumkan bahwa Mazda6 memiliki perangkat keselamatan terbaik, khususnya buat anak-anak. 

Perangkat untuk mengaitkan child seat di jok baris kedua milik Mazda6 rupanya termasuk dalam jajaran mobil dengan penerapan terbaik. Dengan begitu, pemilik Mazda6 lebih terjamin bahwa sang buah hati dapat duduk dengan aman di kursi belakang.  

Dari pengujian IIHS, Mazda6 mendapatkan nilai Good+. Menurut mereka, alat bernama LATCH (Lower Anchors and Tethers for Children) pada mobil tersebut telah memenuhi setidaknya 5 kriteria LATCH yang baik sebagai berikut: 

1. Pengait bagian bawah tidak lebih dari ¾ inci dalam dudukannya.
2. Pengait bawah juga punya sudut bebaslebih dari 54 derajat.
3. Daya tahan beban konektor child seat ke pengait bawah harus kurang dari kurang dari 40 pound (sekitar 18 kg).
4. Pengait di bagian belakang berada di tengah sandaran jok. 
5. Pada area pengait tidak terdapat perangkat keras lain yang dapat mengganggu fungsinya. 

"Instalasi yang baik dan ketat sangat penting untuk keamanan anak. Tapi juga sulit dicapai. Berkat pengembangan terbaru perangkat LATCH kendaraan ini (Mazda6), kami berharap lebih banyak child seat terpasang dengan benar," kata Jessica Jermakian selaku IIHS Senior Reasearch Engineer. 

Fungsi LATCH sendiri penting untuk memberi keselamatan tambahan terhadap anak ketika terjadi kecelakaan. Sementara itu, pengembangan oleh Mazda ini juga sejalan dengan visi mereka dalam mendesain sebuah kendaraan. 

"Kendaraan Mazda didesain sesuai pemikiran pengemudi dan penumpang. Kami mendesainnya dengan perangkat keselamatan aktif agar mereka merasa aman. Kami bangga menerima pengakuan dari IIHS sebagai bukti dedikasi terhadap keselamatan," ujar Jeff Guyton, President of Mazda North American Operations. 

Selain LATCH, Mazda6 juga sudah dilengkapi dengan teknologi keselamatan modern yang terintegrasi ke dalam i-Activesense. Fitur-fitur di dalamnya meliputi Advanced Smart City Brake Support with Pedestrian Detection, Blind Spot Monitoring with Rear Cross-Traffic Alert, Lane Departure Warning with Lane-Keep Assist, Smart Brake Support serta Mazda Radar Cruise Control with stop and go function.

Prestasi ini tentunya membuat para konsumennya di dunia, termasuk Indonesia bangga karena mobil pilihan mereka punya standar keamanan terbaik. Dari data IIHS, ada 21 mobil dengan nilai LATCH GOOD+. Termasuk di dalamnya Acura RDX, Audi Q7, Honda Accord, Honda Insight, Honda Odyssey, Jeep Cherokee, Lexus RX, Lexus UX, Subaru Ascent, Subaru Crosstrek, Subaru Forester, Subaru Impreza Sedang, Subaru Impreza Wagon, Subaru Legacy, Subaru Outback, Toyota Avalon, Toyota Camry, Toyota Corolla Hatchback, Toyota Prius dan Toyota RAV4. [Ary/Idr]


Komentar