Telat Ngerem, Rio Alami Kecelakaan Share this
F1
Mode baca

Telat Ngerem, Rio Alami Kecelakaan

Adi Hidayat
pada 27 Mei 2016

MONACO – Kejadian tidak mengenakkan terjadi pada Rio Haryanto, pembalap Formula1 dari Indonesia yang membela Manor Racing Team.

Dalam latihan bebas, Rio mengalami kecelakaan yang cukup keras sehingga menyebabkan dirinya harus berhenti mencoba Sirkuit Monte Carlo, Monaco lebih awal. Kecelakaan tersebut terjadi beberapa saat setelah dirinya keluar dari terowongan.

Rio mengakui bahwa kecelakaan tersebut murni kesalahannya. Dirinya mengaku terlambat untuk menginjak rem sehingga menyebabkannya ‘kebablasan’, kehilangan kendali mobil kemudian menabrak pagar pembatas.

"Hari ini berjalan cukup lancar sampai kecelakaan saya. Saya mendapatkan pagi yang baik, kami bekerja mengikuti rencana dan saya sudah menantikan percobaan dengan ban Ultrasoft. Sayangnya, saya menginjak rem sedikit terlambat dan keras sehingga kehilangan kendali mobil setelah keluar dari terowongan dan menuju ke chicane,” ungkapnya.

Meski mengalami kecelakaan, Ia masih merasa beruntung. Hal ini karena kecelakaan yang dialaminya tidak terlalu keras sehingga tidak terlalu merusak mobil. Dengan demikian, tim mekanik Manor Racing tidak akan terlalu merasa terbebani.

“Untungnya, benturan dengan dinding Armco tidak terlalu keras dan mobil tidak rusak terlalu parah. Plus, kami memiliki satu hari ekstra untuk mempersiapkan mobil, yang sedikit meringankan tekanan pada orang-orang di tim. Meski demikian, sayang sekali bahwa saya tidak dapat menyelesaikan program persiapan yang merupakan kunci di sini. Saya mengharapkan keberuntungan lebih baik pada Free Practice 3," ungkapnya.

Kecelakaan pada sesi latihan bebas tidak hanya dialami oleh Rio tapi beberapa pembalap lain pun mengalami hal serupa. Melihat kondisi tersebut, Dave Ryan, Racing Director Manor Racing mengatakan bahwa insiden Rio terbilang wajar dan justru dapat menjadi peringatan bahwa Sirkuit Monte Carlo, Monaco bukanlah sirkuit yang ramah.

“Insiden ini mengingatkan bahwa sirkuit ini tidaklah ramah. Sayangnya, Rio adalah salah satu pembalap yang menerima peringatan itu ketika keluar dari terowongan dan pada kesempatan pertamanya dengan ban Ultrasoft tapi untungnya kerusakan relatif kecil dan tidak akan membuat para mekanik begadang. Secara umum, kami mengawali latihan bebas cukup positif dan mari kita lihat bagaimana situasi berjalan pada hari Sabtu,” pungkasnya. [Adi/Ikh]


Komentar