Teknologi VW untuk Melindungi Anak-Anak di Jalan Share this

Teknologi VW untuk Melindungi Anak-Anak di Jalan

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 25 April 2016

WOLFSBURG - Volkswagen menjalin kerjasama dengan Cooldriver GmbH untuk projek aplikasi "Schutzranzen" (paket keselamatan) yang membantu pengendara melihat anak-anak di jalan guna mengurangi tingkat kecelakaan.

Aplikasi baru ini akan disatukan ke dalam sistem dan display (tampilan) dari model-model Volkswagen di masa depan.

Anak-anak biasanya sering sekali berlarian ke jalan di antara dua mobil yang parkir dan kemudian tiba-tiba berada persis di depan kendaraan yang sedangmelaju. Ini merupakan kondisi sangat menakutkan bagi pengendara. Pada umumnya anak-anak belum mengetahui bahaya ketika berlari di jalan dan sudah tak jarang lagi terjadi kecelakaan di mana anak-anak menjadi korban.

Aplikasi kendaraan "Schutzranzen" ini memberikan peringatan kepada pengendara mengenai situasi berbahaya baik secara visual dan suara.

"Komunikasi dengan lingkungan di masa depan dapat meningkatkan tingkat keselamatan bagi semua pengendara. Dengan adanya aplikasi ini di masa depan dapat menjadi sebuah monitor pengetahuan lingkungan yang cerdas. Terlebih dari itu, anak-anak merupakan hal penting bagi kami karena dengan adanya teknologi ini kita akan lebih baik di dalam mengidentifikasi dan menjaga keselamatan banyak orang di jalan." tutur Dr Volkmar Tanneberger, Head of Electrical and Electronic Development Volkswagen.

Ketika anak-anak mendownload aplikasi ini ke smartphone mereka, itu akan memberikan informasi kepada Cooldriver Cloud mengenai posisi mereka. Sedangkan untuk anak-anak yang tidak memiliki smartphone, dapat mengirimkan signal ke kendaraan melalui GPS transmitter yang ada di tas mereka.

Cooldriver GmbH memberikan aplikasi pelacak ini secara gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Posisi anak-anak dan pengendara akan sangat didominasi oleh sistem dan transmisi di Cooldriver GmbH Cloud.

Server ini akan memberikan kalkulasi yang dibutuhkan oleh pengendara mengenai jarak aman antara anak-anak dan pengendara. Jika jarak itu terlalu dekat, maka ada tampilan dan signal suara untuk memberi peringatan kepada pengendara mengenai anak-anak yang berada dekat dengan jalan dan peringatan itu akan terjadi jauh sebelum pengendara dapat melihat posisi anak-anak. Applikasi ini memberikan waktu yang cukup kepada pengendara untuk berhenti di saat yang tepat.[Amo/Ikh]


Komentar