Teknologi Tidak Bikin Mata Silau Share this
Berita Motor
Mode baca

Teknologi Tidak Bikin Mata Silau

Syubhan Akib
oleh Syubhan Akib
pada 23 Maret 2016

BRENTWOOD - Apakah Anda pernah kesal ketika mobil yang lintasannya di berlawanan dengan Anda menggunakan lampu jauh (high-beam) enyilaukan? Hampir semua pengendara kesal. Nah, Ford kini tengah mengembangkan teknologi lampu yang terang tapi tanpa menyilaukan pengendara lain.

Teknologi yang dinamakan Glare-Free Highbeam ini menggunakan kamera di kaca depan untuk mendeteksi lampu atau lampu belakang kendaraan dan sepeda hingga 800 meter di depan pada malam hari.

Ketika kamera mendeteksi ada kendaraan lain di depan mereka, maka cahaya akan diblokir dengan cara sedemikian rupa agar pengendara lain tidak 'buta' karena cahaya yang terlalu menyilaukan.

Pengembangan teknologi ini adalah desakan dari pihak berwenang di Inggris karena melihat banyaknya kecelakaan terkait lampu mobil yang terlalu terang.

"Tanyakan setiap pengendara apa kebiasaan yang paling menjengkelkan dari pengendara lain dan cepat atau lambat subjek akan mengatakan lampu yang datang," kata Michael Koherr, insinyur Ford Eropa.

"Glare-Free Highbeam (lampu sorot jauh anti-silau) dari Ford membantu memaksimalkan penggunaan lampu dan berarti pengendara bisa lebih melihat secara signifikan jalanan di depan, tanpa menyebabkan gangguan apapun untuk pengguna jalan lainnya," tambahnya.

Glare-Free Highbeam ini pada aplikasinya akan bekerja sama dengan sistem Auto High Beam dan Ford Dynamic LED headlights with Adaptive Front Lighting System yang dapat mengatur sudut lampu dan intensitas cahaya sesuai dengan kecepatan, cahaya ambient, sudut kemudi hingga jarak kendaraan di depan.

Bila dikombinasikan dengan teknologi lain seperti teknologi semi-otonom, maka pengendara akan dibantu oleh teknologi-teknologi yang ada untuk membuat perjalanan lebih aman.

Nantinya, Ford juga akan mengembangkan teknologi pencahayaan canggih di masa depan yang mampu meningkatkan visibilitas di bundaran, persimpangan dan rambu-rambu hingga pendeteksi pejalan kaki, pengendara sepeda dan hewan.

Tapi Glare-Free Highbeam saat ini baru tersedia di Ford S-MAX, Galaxy dan juga akan ditawarkan Ford Edge generasi mendatang. [Syu/Idr]


Komentar