Teknologi Mobil Otonom Hyundai dan Kia Paling Ideal Share this

Teknologi Mobil Otonom Hyundai dan Kia Paling Ideal

Ary Dwinoviansyah
pada 14 Juni 2019

SEOUL — Hyundai Motor Group mengumumkan investasinya di Aurora Innovation Inc guna mempercepat langkah mereka dalam pengembangan teknologi kendaraan otonom. 

Hyundai terus berpacu dengan waktu seiring giatnya pabrikan mobil menghadirkan mobil-mobil tanpa awak. Melakukan investasi, seperti yang dilakukan Hyundai Group pun dianggap sebagai strategi jitu agar bisa bersaing lebih cepat. 

Pilihan mereka untuk melibatkan Aurora juga dinilai tepat karena merupakan salah satu perusahaan terdepan perihal teknologi berkendara otomatis. Mereka memiliki teknologi self-driving system yang terdiri dari lidar, radar dan kamera untuk memahami dunia serta komputer untuk menjalankan perangkat lunak.

"Aurora adalah inovator terkemuka pada teknologi self driving dan kami berharap dapat membangun kemitraan yang lebih kuat dengan mereka. Bekerja sama dengan para pemimpin industri di seluruh dunia juga akan membantu kami mengembangkan kendaraan self driving yang sepenuhnya aman dan inovatif untuk konsumen," kata Youngcho Chi, President & Chief Innovation Officer Hyundai Motor Group. 

Teknologi dari Aurora ini pun nantinya akan teraplikasi pada mobil-mobil Hyundai dan Kia. Pasalnya, dana itu digelontorkan oleh Hyundai Motor Company dan Kia Motors Corporation. Sebelumnya, Hyundai dan Aurora sudah terlibat kerjasama dalam penggarapan mobil listrik NEXO.

Namun, adanya kesepakatan baru ini jelas kian memperluas jajaran model kendaraan otonom baik untuk Hyundai maupun Kia. Mobil-mobil otonom dua brand Korea Selatan itu pun diklaim lebih aman berkat terintegrasinya sistem berkendara Aurora yang mampu memantau, bereaksi serta beradaptasi dengan berbagai kondisi. 

"Kami senang dengan kemajuan yang dibuat oleh Hyundai dan Kia. Bersama dengan kemitraan eksositem ini, kami melihat konvergensi platform kuat yang akan memberikan manfaat terhadap teknologi self driving lebih aman, cepat dan luas," ungkap Sterling Anderson, Co-founder & Chief product Officer Aurora. 

Pada akhirnya, kolaborasi ini akan melancarkan rencana Hyundai Motor Group untuk menyajikan transportasi umum otonom level 4 seperti robo taxy di kota-kota pintar pada 2021 mendatang. [Ary/Ari]  


Komentar