Teknologi Inovatif Ini Bikin Hyundai Juara Share this

Teknologi Inovatif Ini Bikin Hyundai Juara

Indra Prabowo
pada 18 Desember 2018

BUCHAREST — Banyaknya pengemudi meninggalkan anak kecil atau binatang peliharaan atau objek lain di jok belakang tanpa mereka sadari menjadi inspirasi Hyundai untuk menciptakan teknologi Rear Occupant Alert.

Sistem Rear Occupant Alert memantau kursi belakang menggunakan sensor ultrasonik yang membantu mendeteksi pergerakan anak-anak dan hewan peliharaan. Sistem ini pertama kali akan mengingatkan pengemudi untuk memeriksa kursi belakang ketika keluar dari kendaraan dengan pesan di instrument cluster. Jika sistem mendeteksi gerakan di kursi belakang setelah pengemudi meninggalkan kendaraan dan mengunci pintu, maka sistem akan membunyikan klakson dan mengirimkan peringatan ke smartphone pengemudi.

Sistem ini dirancang untuk mencegah anak-anak dan hewan peliharaan terlupakan di dalam mobil, tetapi juga membantu jika anak-anak tidak sengaja mengunci diri.

Nah, teknologi ini mendapat penghargaan bergengsi dari AUTOBEST — sebuah organisasi di Eropa yang terdiri dari para jurnalis berpengalaman — sebagai SAFETYBEST 2018.

“Sistem baru Hyundai luar biasa ini untuk mencegah orangtua meninggalkan anak-anak mereka di dalam mobil sangat sederhana, tetapi sangat diperlukan untuk menyelamatkan anak-anak. Hyundai telah menemukan solusi untuk mencegah lebih lanjut kisah tragis. Semangat AUTOBEST berorientasi pada solusi brilian tetapi sederhana untuk membuat kehidupan di dalam mobil menjadi lebih baik, lebih menyenangkan, lebih aman,” kata Dan Vardie, Pendiri & Ketua AUTOBEST.

Rear Occupant Alert bisa ditemuykan di SUV Hyundai Santa Fe generasi keempat atau yang dijual saat ini.

Sebelum mendapatkan penghargaan dari AUTOBEST, Hyundai Santa Fe ini meraih 5-bintang pada uji keselamatan Euro NCAP (European New Car Assessment Programme). [Idr]


Komentar