Teknologi Honda CBR250RR Tak Dimiliki Pesaingnya Share this
Motor Baru
Mode baca

Teknologi Honda CBR250RR Tak Dimiliki Pesaingnya

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 28 Juli 2016

Foto: Honda CBR250RR tercanggih di segmennya.

JAKARTA - Honda CBR250RR baru saja debut dunia yang dilakukan di Jakarta. PT Astra Honda Motor (AHM) baru akan mengumumkan harga resminya dalam waktu dekat.

AHM cuma memberikan harga kisaran Rp 63 – Rp 74 Juta untuk pesaing Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250 ini. Honda CBR250RR akan ditopang mesin 250cc dua-silinder.

Berbicara soal mesin, motor sport ini sama-sama menyajikan mesin kapasitas 250cc atau sama seperti pesaingnya.

Tapi faktanya Honda CBR250RR menyimpan teknologi yang tak dimiliki para pesaingnya. Teknologi tersebut bisa dibilang pertama di segmen motor sport 250cc di Tanah Air.

Honda menyebutnya riding mode selector dengan tiga pilihan yaitu Comfort, Sport, dan Sport+, di mana bisa menyesuaikan kondisi trek yang akan dilalui. Teknologi ini mirip dengan teknologi mobil yaitu mesin bisa menyesuaikan kondisi jalan seperti saat di perkotaan, perjalanan luar kota.

Kemudian teknologi tersebut dibantu oleh throttle-by-wire (TWB) dan Accelerator Position Sensor (APS) yang diletakkan di sisi kiri gas akan mendeteksi secara otomatis putaran tuas gas dan mengirimkan signal elektrik ke ECU.

Untuk diingat teknologi cerdas ini juga tersimpan pada Honda RC213V. Hanya saja belum diketahui apakah riding mode selector Honda CBR250RR bisa menaikkan dan menurunkan tenaga mesin 250cc tersimpan pada Honda CBR250RR.

AHM hanya mengklaim teknologi itu meningkatkan pengalaman berkendara, sebab motor akan lebih 'peka' ketika diajak di jalan pegunungan hingga berpetualang di perkotaan. [Ikh/Ikh]


Komentar