Taycan, Sports Car Listrik Pertama Porsche Share this
Mobil Baru
Mode baca

Taycan, Sports Car Listrik Pertama Porsche

Indra Prabowo
pada 11 Juni 2018

ATLANTA – Porsche Taycan menjadi nama sports car listrik pertama Porsche yang akan dijual pada 2019. Awalnya Porsche Taycan bernama Mission E.

Porsche membekali Porsche Taycan dengan dua PSM (permanently activated synchronous motors) yang menghasilkan tenaga 600 hp dan mengantarkannya berakselerasi dari 0-100 kpj di bawah 3,5 detik serta 0-200 kpj dalam 12 detik.

Taycan juga akan menawarkan tingkat kekuatan konsisten yang belum pernah terjadi sebelumnya di antara kendaraan-kendaraan listrik: beberapa launch berturut-turut akan mungkin tanpa kehilangan performa, dan jangkauan maksimum kendaraan akan lebih dari 300 mil (482 km) sesuai New European Driving Cycle (NEDC).

Untuk memproduksi Taycan, sebuah fasilitas pengecatan (paint shop) baru, jembatan konveyor untuk mengangkut tubuh mobil yang sudah dicat dan drive unit ke area perakitan akhir, sedang dibangun di pabrik Porsche di Stuttgart-Zuffenhausen. Dengan diproduksinya Taycan akan menyerap 1.200 tenaga kerja di Zuffenhausen.

Taycan dapat diartikan “lively young horse” atau “kuda muda yang lincah” di mana merujuk kepada jantung lambang Porsche – kuda melompat sejak 1952.

Porsche akan berinvestasi € 6 miliar pada 2022 untuk mengembangkan elektromobilitas, 2 kali lebih besar dari rencana awal Perusahaan. Dari tambahan € 300 miliar tersebut Porsche akan mengambil € 500 juta untuk mengembangkan varian dan turunan Taycan; sekitar € 1 miliar untuk elektrifikasi dan hibribidisasi produk-produk yang dijual saat ini; serta sekitar € 700 juta untuk pengembangan teknologi-teknologi baru, infrastruktur pengisian baterai (charging infrastructure) dan mobilitas cerdas. Investasi juga akan menciprati Weissach Development Center. [Idr]


Komentar