Tata Motors Lahirkan SUV AMT Pertama di India Share this
Mobil Baru
Mode baca

Tata Motors Lahirkan SUV AMT Pertama di India

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 22 Juli 2018

NEW DELHI - Tata Motors merilis varian baru Nexon bertransmisi AMT pertama di India yang disemati 3 mode berkendara.

Produsen otomotif India ini meningkatkan penetrasi, khususnya di segmen mobil otomatis melalui Tata Nexon HyprDrive S-SG (self-shift gears). Perbedaannya Nexon ini menggunakan sistem transmisi AMT (Automated-Manual Transmission).

Tata Nexon AMT tersedia dalam dua pilihan mesin yaitu bensin 1.2 L (tipe XMA) dan diesel 1.5 L (tipe XZA). Kinerjanya tentu serupa dengan Suzuki Ignis AMT.

Namun, Tata Nexon dibantu oleh perangkat turbo dan sekaligus menjadi SUV bertransmisi AMT pertama yang menyediakan 3 mode berkendara bagi penggunanya yakni Eco, City dan Sport. Tidak hanya itu, pihak pabrikan juga menerapkan perangkat pintar lainnya guna memaksimalkan kinerja AMT tersebut.

Tata Nexon sudah dilengkapi anti-stall, kick-down dan fast-off. Tujuannya adalah agar tenaga tetap optimal ketika transmisi otomatis melakukan perpindahan gigi. Hal ini tentu sangat membantu ketika pengemudi ingin bermanuver atau akselerasi.

Tata juga menyematkan fitur-fitur keselamatan berupa Smart Hill Assist, rem ABS dengan electronic brake force distribution di keempat roda hingga Crawl untuk memudahkan pengguna Tata Nexon AMT saat menghadapi kondisi macet.

Tata Nexon juga diklaim menjadi pilihan SUV yang tepat karena punya kabin luas ditambah ruang bagasi berkapasitas 350 liter serta pengaturan jok 60:40 jika ingin memuat lebih bahyak barang bawaan.

Tata Nexon terbaru ini kabarnya sudah bisa didapatkan. Sementara harga yang dirilis adalah 750.000 Rupee (setara Rp 157 jutaan) untuk tipe bensin dan 853.000 Rupee (Rp 179 jutaan) pada varian bermesin diesel. [Ary/Ari]


Komentar