Tata Luncurkan Altroz Hatchback Premium, Harga Rp 100 jutaan Share this
Mobil Baru
Mode baca

Tata Luncurkan Altroz Hatchback Premium, Harga Rp 100 jutaan

Ahmad  Richad
pada 24 Januari 2020

KOLKATA - Tata Motors resmi luncurkan Tata Altroz. Hatchback premium ini akan tersedia dalam lima level trim, dengan harga mulai dari INR 5,29 lakh untuk versi mesin bensin dan INR 6,99 lakh untuk versi diesel.

Altroz ​​merupakan hatchback pertama yang dibangun menggunakan platform baru Tata, yakni ALFA (Agile, Light, Fleksibel dan Advanced). Platform tersebut bisa digunakan untuk mobil yang panjang tubuhnya 3,7 meter sampai 4,3 meter.

Dalam acara tersebut, Tata tidak hanya meluncurkan Altroz, tapi luncurkan tiga mobil bermesin BSVI (setara dengan Euro 6) yaitu Tiago, Tigor dan Nexon. Tata Motors juga menjadi OEM pertama yang meluncurkan varian diesel BSVI di segmennya masing-masing.

“Ini merupakan bab baru bagi Tata, dan mobil BSVI ini merupakan solusi masa depan mobilitas yang efisien dan ramah lingkungan. Tata Altroz merupakan produk yang kami banggakan karena mobil ini mendapati peringkat 5-bintang Global NCAP,” kata Guenter Butschek, CEO & Managing Director, Tata Motors.

Tata Altroz memiliki dimensi, panjang 3.990 mm, lebar 1.755 mm, tinggi 1.523 mm, dan jarak sumbu roda 2.501 mm. Dengan dimensi tersebut, Altroz memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar. Secara desain, Altroz memiliki bentuk yang agak mirip dengan versi 45X. Bahasa desainnya disebut Impact 2.0 dengan bentuk tampang depan yang sporty dan futuristik.

Bagian penerangan utamanya mobil ini sudah menggunakan projector LED, lengkap dengan DRL (daytime running light). Masuk ke dalam interior, sistem hiburan Altroz didukung head unit layar sentuh 7 inci. 

Untuk tipe tertingginya akan disematkan beberapa fitur canggih ABS (anti lock braking system) dan EBD (electronic brake distribution), smart keyless, wiper otomatis, ISOFIX, kamera parkir belakang dan lain-lain.

Dapur pacunya, Altroz hadir dalam dua pilihan mesin. Untuk mesin bensin tiga-silinder kapasitasnya 1.200cc dengan tenaga 86 HP, dan torsi 113 NM. Sedangkan untuk mesin dieselnya berkapasitas 1.500cc turbo, memiliki tenaga 90 HP dan torsi 200 NM.

Kedua mesin tersebut hanya memiliki transmisi manual lima-percepatan, namun versi matiknya dikabarkan akan hadir di tahun 2021. Untuk harga Altroz akan dijual mulai dari INR 5,29 lakh (Rp 113 jutaan) untuk versi bensin dan INR 6,99 (Rp 133 jutaan) lakh untuk versi diesel. [Ric/Idr]


Komentar