Tata Harier Terapkan Mesin Diesel Berteknologi Roket Share this
Mobil Baru
Mode baca

Tata Harier Terapkan Mesin Diesel Berteknologi Roket

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 08 Oktober 2018

MUMBAI - Tata Harier yang kabarnya meluncur awal 2019 bakal menggunakan mesin diesel terbaik lantaran terinsiprasi dari teknologi mesin roket.

Belum juga meresmikan keberadaan Tata Harier, Tata Motors sudah lebih dulu membuka selubung jantung pacu yang akan mengisi kap mesin SUV barunya tersebut. Mereka mengatakan mobil ini akan menggunakan mesin diesel terbaru Kryotech berkapasitas 2.000 cc dengan 4 silinder.

Pihak pabrikan mengklaim mesin tersebut lahir karena terinsipirasi dari mesin roket Cryogenic di mana keandalannya diklaim sudah terbukti secara global. Kinerja tersebut pun diterjemahkan Tata Motors dengan sistem manajemen mesin yang canggih untuk mendapatkan pengendalian sempurna ketika mobil dikendalikan.

Multi Drive Modes yang sudah menjadi DNA dari produk Tata Motors turut andil di dalamnya. Hanya saja teknologi tersebut kini lebih canggih lagi karena sudah dikolaborasikan dengan Terrain Response Modes pada ESP. Terpenting adalah keberadaan Advanced Electronically Controlled Variable Geometry Turbocharger (eVGT) sebagai pendongkrak tenaga Tata Harier ketika menemui segala medan.

Meski begitu, mesin ini disebut menghasilkan emisi gas buang rendah berkat pengaplikasian Low Friction Valve Train Architecture dan EGR lebih canggih. Sehingga, efek utama yang dicari konsumen yaitu irit BBM pun bisa diwujudkan pada mobil ini.

Mesin ini juga telah diuji secara ekstensif pada Tata Harrier untuk ketahanan dalam kondisi berat serta optimalisasi kinerja di suhu ekstrim. Namun, Tata Motors belum mengungkap secara detail seperti apa kemampuan mesin ini. Sepertinya baru akan diungkap lebih detail saat peluncuran Tata Harier, awal 2019 nanti. [Ary/Ari]


Komentar