Tanggapan Marquez Soal Panel Instrument Penerima Pesan Share this
MotoGP
Mode baca

Tanggapan Marquez Soal Panel Instrument Penerima Pesan

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 25 Oktober 2016

Foto: Panel instrument penerima pesan

SENTUL - Marc Marquez menanggapi salah satu fitur panel instrument di motor MotoGP yang bisa menerima pesan. Menurutnya penggunaan fitur tersebut seharusnya dipikirkan terlebih dahulu sebelum benar-benar digunakan.

Dikatakan The Baby Alien -julukan Marquez-, fitur ini justru akan membuat rider merasa bingung dan potensi bahaya. Sebab pembalap MotoGP terbiasa menerima pesan pada pitboard ketimbang fitur baru pada panel instrument. Tim Repsol Honda sendiri kini fokus pada kemampuan pembalapnya di musim MotoGP 2016.

"Dahsboard Message, sesuatu yang tengah kita diskusikan. Opini saya tidak perlu karena yang lebih penting adalah keamanan. Karena ketika message dikirimkan dan ada di dashboard dan akan sangat banyak dan membingungkan," kata Marquez dalam acara "Meet the Champs!" di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/10/2016).

"Bagi saya seharusnya diperhitungkan dulu bagaimana membuat pesan yang lebih aman. Kami justru perlu concern pada membalap bukan pada motor (penambahan fitur penerima pesan)."

Diberitakan sebelumnya bahwa panel instrumen yang bisa menerima pesan telah menjalani uji coba dan akan selesai sebelum memasuki musim MotoGP 2017. Fitur baru pada motor balap MotoGP itu dikhususkan untuk media informasi layaknya pitboard yaitu meliputi catatan waktu, jarak antar pembalap, informasi mengganti motor ketika tiba-tiba terjadi ubahan cuaca ekstrim dan bahkan lebih dari itu.

Jadi jika fitur ini disahkan maka tidak ada lagi tim yang membawa pitboard di pinggir sirkuit saat balapan berlangsung. Nantinya pesan yang sampai berupa digital. Race Director MotoGP, Mike Webb sendiri masih melihat keuntungan dari panel instrumen baru itu.

Selama ini IRTA (International Roadracing Teams Association) masih menunggu tim MotoGP terkait daftar pesan apa saja yang akan masuk dalam fitur baru tersebut. Menurut Webb, IRTA dan komite IRTA telah meminta semua tim untuk mengusulkan apa pesan yang ingin mereka gunakan. [Ikh]


Komentar