Suzulight, Mobil Pertama Suzuki Ini Lahir pada 1955 Share this
Berita Mobil
Mode baca

Suzulight, Mobil Pertama Suzuki Ini Lahir pada 1955

Ary Dwinoviansyah
pada 28 Februari 2018

Foto: Mobil pertama Suzuki yaitu Suzulight asli ditempatkan di museum Suzuki di Hamamatsu, Jepang.

HAMAMATSU - Setahun setelah didirikan pada 1954, Suzuki Motor Co langsung merancang mobil pertama mereka yakni Suzulight. Mobil inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Suzuki Swift, Baleno dan Ignis.

Dengan semangat 'Let's Do It' yang merupakan terjemahan dari bahasa Jepang Yaramaika, Michio Suzuki sang pendiri langsung berinisiatif untuk menggarap karya pertamanya. Dia pun mempelajari dan meneliti kendaraan yang diproduksi di luar Jepang.

Suzuki juga menggunakan beberapa mobil Eropa dan satu unit Austin 7 (Inggris) sebagai benchmark. Garis besar yang diambil adalah semua unit mobil tersebut tidak hanya populer, namun juga harganya juga terjangkau.

Akhirnya pada 1955 lahir lah mobil pertama Suzuki bernama Suzulight. Mobil ini punya desain kompak dengan bobot sekitar 500 kg serta didukung mesin 2-tak dua silinder berkapasitas 360 cc.

Dengan spsifikasi ini, Suzulight pun masuk dalam kategori Kei car atau mobil ringan Jepang. Setelah itu, Michio Suzuki bersama timnya pun langsung melakukan pengujian pertama terhadap mobil yang kala itu masih prototipe.

Wilayah pegunungan Hakone yang ada diantara Hamamatsu dan Tokyo menjadi medan pengujian nyata bagi Suzulight. Jarak tempuh 300 km juga menantang karena saat itu rute tersebut belum diaspal. Di sini pula kemampuan suspensi coil spring independen Suzulight diuji hingga batas maksimal.

Meski tiba di Tokyo larut malam, Michio-san dan tim tetap melakukan presentasinya kepada pimpinan otoritas otomotif Jepang. Dengan paparan yang meyakinkan akhirnya izin diberikan kepada Michio untuk memproduksi Suzulight secara massal.

Oktober 1955, Suzuki Motor Co memulai produksi Suzulight. Dua unit pertama dikirimkan kepada dokter untuk mobilitas mereka. Awalnya, Suzuki hanya memproduksi tiga sampai empat unit Suzulight setiap bulan. Namun, 1956 Suzuki meningkatkan kapasitas produksi Suzulight menjadi 30 unit per bulannya.

Paltform Suzulight juga disebut menjadi cikal bakal lahirnya Suzuki Baleno, Swift hingga yang terbaru adalah Ignis. Bahkan, generasi terbaru Swift Sport juga terinspirasi dari basis mobil pertama mereka itu. Kabarnya, Suzuki Swift Sport akan diluncurkan Juni 2018 mendatang.

Hingga saat ini, Suzulight yang asli hanya tersisa dua unit. Keduanya berada di museum Suzuki di Hamamatsu. [Ary/Ari]


Komentar