Suzuki XL7 Berpotensi Ganggu Terios Share this
Berita Mobil
Mode baca

Suzuki XL7 Berpotensi Ganggu Terios

Adi Hidayat
pada 14 February 2020

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengakui bahwa kehadiran Suzuki XL7 dapat menggangu penjualan dari Daihatsu Terios.

Hal ini disampaikan oleh Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM. Menurutnya, pasar otomotif Indonesia yang kini masih belum stabil namun banyak pemain baru bisa membuat pasar dari Daihatsu berkurang.

“Pasti ada, saya yakin pasti ada. Pasarkan sekarang mengecil, tidak berkembang. Ditambah lagi ada virus corona, bisnis juga lesu, pasar global juga tidak baik. Nah sekarang ada pemain baru yang masuk, pengaruhnya pasti ada. Tapi nanti waktu yang akan menentukan apakah pasar akan tetap memilih dia atau tidak. Pasar yang menentukan,” terangnya.

Meski demikian, Ia mengaku bahwa pasar LSUV di Indonesia memang sangat menarik sehingga wajar bila banyak brand yang ingin masuk ke segmen tersebut. Terlebih, pasar SUV di Indonesia terbilang paling besar perkembangannya.

“Semua mau coba makan pasar ini (LSUV) normal, yang diuntungkan sudah pasti konsumen karena sekarang mereka memiliki banyak pilihan. Daihatsu menganggapinya dengan normal dan biasa saja, tapi kami percaya konsumen akan memilih yang paling cocok,” terangnya.

Ia pun menegaskan bahwa Daihatsu Terios hadir dengan beragam keunggulan tersendiri. Salah satu keunggulannya adalah telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di Indonesia sehingga bisa mendapat kepercayaan dari pasar.

“Keyakinan Daihatsu adalah Terios itu dibuat berdasarkan kebutuhan dan menyesuaikan kondisi di Indonesia, jadi mereka pasti akan mencari yang terbaik. Kami siap bersaing,” tegasnya kemudian.

Selama ini Suzuki dan Daihatsu bisa dibilang hampir selalu bersaing di segmen mobil yang sama. Di City Car, Suzuki memiliki Ignis sementara Daihatsu ada Sirion. Di segmen LMPV, Suzuki memiliki Ertiga dan Daihatsu punya Xenia. Di segmen komersial, Suzuki diperkuat oleh APV dan Carry (pick up dan minibus) sementara Daihatsu memiliki Luxio dan Gran Max (Pick up dan minibus).

Kini, peta persaingan keduanya akan semakin runcing dengan kehadiran Suzuki XL7 yang akan menantang Daihatsu Terios. Mobil ini akan tampil dengan platform yang diambil dari Suzuki Ertiga. Secara umum, tampilannya tidak jauh berbeda dengan Suzuki XL6 di India, namun XL7 hadir dengan kapasitas 7 penumpang yang merupakan selera dari pasar Indonesia. [Adi/Ari]


Komentar