Suzuki Swift Hybrid di GIIAS 2018 Beda dengan Versi Eropa Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Suzuki Swift Hybrid di GIIAS 2018 Beda dengan Versi Eropa

Indra Prabowo
pada 06 Agustus 2018

Foto: Suzuki Swift Hybrid di GIIAS 2018

TANGERANG – Suzuki Swift Hybrid Concept menjadi salah satu model yang mengundang perhatian banyak pengunjung GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2018.

Menurut PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Suzuki Hybrid berbeda dengan Suzuki Swift SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) yang dijual di Eropa saat ini.

“Suzuki Hybrid Concept adalah kendaraan hybrid murni,” ujar Fikry Achmad Faisal, media relation PT SIS.

Mobil yang dipamerkan di GIIAS 2018 sama dengan yang diluncurkan di Jepang pada Juli  2017. Model ini mengawinkan satu Motor Generator Unit (MGU) dengan Auto Gear Shift (AGS). Hasilnya konsumsi BBM mencapai 32 km/liter.

Hatchback dengan bobot 1 ton ini dilengkapi dengan Dual Sensor Brake Support (DSBS) untuk mendeteksi dan menghindari tabrakan dengan pejalan kaki serta kendaraan di depannya.

Di Eropa Suzuki Swift SHVS dijual dengan pilihan mesin Boosterjet 1.0-liter turbo bertenaga 111 hp dan Dualjet 1.2-liter bertenaga 90 hp. Sistem hibrida ringan SHVS menggabungkan Integrated Starter Generator ( ISG) yang berfungsi sebagai generator dan starter motor, ISG digerakkan oleh belt dan membantu mesin selama kendaraan lepas landas (take off) dan akselerasi dan juga menghasilkan listrik melalui pengereman regeneratif.

Masing-masing mesin bensin tersebut dikencani dengan transmisi manual 5-speed. Jika mesin Boosterjet disokong oleh system 2-wheel drive, sementara mesin Dualjet dengan ALLGRIP 4-wheel Drive.

Dengan system hybrid cerdas ini maka emisi CO2 akan lebih rendah dan konsumsi BBM (bahan bakar minyak) akan terpangkas. Intinya, uang ‘jajan’ mobil Anda ini lebih kecil. [Idr]


Komentar